Analisis Sad Al-Dzari’ah Terhadap Larangan Pelaksanaan Walimatul Ursy Di Masa Pandemi (Studi Kasus Di Desa Banaran Kecamatan Geger Kabupaten Madiun.

Andyka, Pratama Saputra (2021) Analisis Sad Al-Dzari’ah Terhadap Larangan Pelaksanaan Walimatul Ursy Di Masa Pandemi (Studi Kasus Di Desa Banaran Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Andyka Pratama S.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Saputra, Andyka Pratama, 2021. Analisis Sad Al-Dzari’ah Terhadap Larangan Pelaksanaan Walimatul Ursy Di Masa Pandemi (Studi Kasus Di Desa Banaran Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Moh. Munir, Lc,. M.Ag.
Kata Kunci : Sad Al-Dzari’ah, Walimatul Ursy, Masa Pandemi Covid-19.
Pada awal tahun 2020 dunia khususnya di Indonesia telah terjadi penyebaran virus yang mematikan yakni Virus Corona atau sering disebut dengan masa pandemi Covid-19. Karena itu terjadi dampak yang besar bagi masyarakat salah satunya yang terdampak yakni dalam pelaksanaan walimatul ursy. di masa pandemi Covid-19 ini menjadi dinamika tersendiri dalam masyarakat ketika hendak melaksanakan acara walimatul ursy. Dengan diterbitkanya Surat Edaran oleh pemerintah yang bertujuan untuk meminimalisir penyebaran virus tersebut dan di dalamnya menyebutkan beberapa hal tentang pembatasan kegiatan masyarakat seperti pembatasan terhadap pelaksanaan hajatan pernikahan atau walimatul ursy.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana analisis sad al-dzari’ah terhadap alasan pelarangan pelaksanaan walimatul ursy selama masa pandemi di Desa Banaran Kecamatan Geger Kabupaten Madiun (2) Bagaimana tingkatan dzari’ah dalam larangan pelaksanaan walimatul ursy di masa pandemi di Desa Banaran Kecamatan Geger Kabupaten Madiun
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dengan menggunakan pendekatan sosiologis, yaitu pendekatan dengan melakukan penyelidikan dengan cara melihat fenomena masyarakat atau peristiwa sosial politik dan budaya yang terjadi di maysarakat khususnya dilingkup Desa Banaran.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Adanya suatu peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah tentang adanya pelarangan pelaksanaan walimatul ursy di masa pandemi dan menurut sad al-dzari’ah harus menghindari kerusakan itu daripada menarik kebaikan. (2) Menurut tingkatan dzari’ah dalam larangan pelaksanaan walimatul ursy di masa pandemi ini bisa dilihat dari segi dampaknya yakni suatu perbuatan yang pada dasarnya diperbolehkan namun terkadang bisa menimbulkan keburukan (mafsadah). Karena di dalam Sad Al-Dzari’ah ini, dipergunakan untuk menolak kerusakan dan dipergunakan untuk mencari kebaikan bersama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Munir
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:03
Last Modified: 25 Nov 2021 02:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16827

Actions (login required)

View Item View Item