Dampak Bullying Terhadap Kondisi Perkembangan Emosi Remaja Di Desa Kapuran Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo

Solikhin, Badrus (2021) Dampak Bullying Terhadap Kondisi Perkembangan Emosi Remaja Di Desa Kapuran Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211516027_Badrus Solikhin_Bimbingan Penyuluhan Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Solikhin, Badrus. 2021. Dampak Bullying Terhadap Kondisi Perkembangan Emosi Remaja Di Desa Kapuran Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo. Skripsi Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah Institute Agam Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Muhammad Rozi Indrafuddin, M.Fil.I.

Kata kunci: Bullying, perkembagan emosi, dan emosi remaja
Dalam penelitian ini, peneliti membahas kondisi perkembangan emosi akibat dari dampak korban bullying yang terjadi di Di Desa Kapuran Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo. Di lokasi penelitian tingkat pendidikan masih rendah dan menjadi permasalahan yang belum teratasi, mengingat bahwa pentingnya suatu pendidikan tersebut. Kemudian untuk kasus bullying, di lokasi penelitian kurang mendapat perhatian serius, dan masyarakat banyak yang belum mengetahui dampak negatif dari tindakan bullying.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bentuk-bentuk bullying, penyebab terjadinya bullying, dan dampak bullying terhadap perkembangan emosi remaja korban bullying. Untuk tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk bullying, untuk mendeskripsikan penyebab terjadinya bullying, dan untuk mengetahui dampak perkembangan emosi korban bullying.
Penelitian ini mengunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian kualitatif data yang dikumpulkan bukan berupa naskah wawancara, catatan lapangan, gambar (foto) dan dokumen resmi lainnya.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bentuk-bentuk bullying yang diterima oleh korban bullying adalah tindakan berupa fisik, dan non fisik. Kemudian untuk aspek, yaitu kontak fisik langsung, verbal, non verbal langsung, dan non verbal tidak langsung. Kemudian untuk faktor yang menjadi penyebab terjadinya tindakan bullying yaitu pertama faktor lingkungan/keluarga pelaku bullying, kedua faktor peer group (teman sebaya), dan ketiga faktor budaya lingkungan. Adapun dampak yang dialami korban bullying yaitu, merasa tidak nyaman, takut, serta tidak berharga, penyesuaian sosial yang buruk, menarik dari pergaulan, kesulitan dalam belajar. Sedangkan untuk dampak bullying terhadap kondisi perkembagan emosi meliputi: emosi sensoris dan emosi psikis (kejiwaan).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Rozi Indrafuddin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:59
Last Modified: 24 Nov 2021 07:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16819

Actions (login required)

View Item View Item