Tinjauan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf Terhadap Nazir Wakaf di Yayasan At-Taqwa Garongan Desa Tanjungrejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun

Badriah, Ani (2021) Tinjauan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf Terhadap Nazir Wakaf di Yayasan At-Taqwa Garongan Desa Tanjungrejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ETHESis.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ani Badriah2021. Tinjauan Undang-undang Nomor 41 tahun 2004 tentang Wakaf terhadap Nazir Wakaf di Yayasan At-Taqwa Garongan Desa Tanjungrejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Achmad Rodli Makmun, M.Ag.

Kata Kunci: Hukum Wakaf, Nazir, Undang-undang Nomor 41 Tahun 2004, Peraturan Pemerintah.
Wakaf merupakan ajaran yang menekankan pentingnya mewujudkan kemaslahatan, baik untuk masyarakat terbatas (al-waqf al-shahri>) maupun masyarakat luas (al-waqf khi>ri>) yang berkesinambungan. Dalam kaitannya dengan wakaf, Nazir merupakan salah satu peran sentral dalam pengurusan dan pengelolaan dan pengembangan harta benda wakaf. Dalam undang-undang nomor 41 tahun 2004 tentang wakaf, Nazir memiliki beberapa hak dan kewajiban dalam melaksanakan tugasnya. Yayasan At-Taqwa Garongan merupakan Nazir wakaf yang berbentuk perseorangan, maka dari itu lembaga tersebut diharuskan melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai Nazir perseorangan sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku, namun dalam praktek lapangan ternyata Yayasan belum sesuai ketentuan yang berlaku, secara bentuk maupun peran Nazir.
Berangkat dari latar belakang diatas, penelitian dilakukan untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana bentuk Nazir wakaf serta bagaimana peran Nazir wakaf di Yayasan At-Taqwa Garongan yang ditinjau dengan undang-undang nomor 41 tahun 2004 tentang Wakaf, Penelitian tersebut dilaksanakan di Yayasan At-taqwa Garongan Desa Tanjungrejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun.

Penelitian pada skripsi ini menggunakan jenis penelitian field research (penelit ian lapangan) yang menggambarkan fenomena secara apa adanya dengan cara mencari data melalui wawancara dan peninjauan ke lapangan secara langsung dengan melihat objek yang akan diteliti dan kemudian melakukan penelitian terhadap hukum Undang-Undang yang berlaku. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang pendekatan lebih menekankan pada analisis proses penyimpulan secara induktif yang diperoleh dari data lapangan.

Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa; (1) Bentuk Nazir wakaf di Yayasan At-Taqwa Garongan sudah seharusnya ada pergantian namun hal tersebur belum dilaksanakan sesuai pasal 45 Undang-Undang No. 41 Tahun 2004, dan (2) Peran Nazir wakaf secara fungsional belum sesuai dengan tugas dan kewajiban sesuai pasal 11 UU No.41 Th 2004 dan pasal-pasal lainnya serta Peraturan lainnya yang mengatur hal tentang Nazir, sehingga peran Nazir adalah peran yang sangat berimplikasi dalam mewujudkan tujuan dan fungsi perwakafan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Achmad Rodli Makmun
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:58
Last Modified: 24 Nov 2021 07:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16818

Actions (login required)

View Item View Item