Metodologi Penafsiran Al-Qur'an Kitab Al-Tafsir Wa Al-Bayan Li Ahkam AL-Qur'an Karya 'Abd Al-Aziz Ibn Marzuq Al-Tarifi

Widiyanti, Putri (2021) Metodologi Penafsiran Al-Qur'an Kitab Al-Tafsir Wa Al-Bayan Li Ahkam AL-Qur'an Karya 'Abd Al-Aziz Ibn Marzuq Al-Tarifi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRI UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Putri Widiyanti, 2021. “Metodologi Penafsiran Al-Qur’an Kitab At-Tafsi>r wa al-Baya>n li Ah{ka>m Al-Qur’a>n karya ‘Abd al-‘Azi>z Ibn Marzu>q Al-T{ari>fi>”. Jurusan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir. Pembimbing Moh. Alwy Amru Ghazali, M.S.I.

Dalam menafsirkan al-Qur’an setiap mufassir mempunyai kecederungan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Dengan kecenderungan yang mereka terapkan, menyebabkan hasil penafsiran yang berbeda pula. Untuk mengetahui metode ataupun corak yang digunakan seorang mufassir dalam kitab tafsirnya dapat dilakukan dengan mengkaji metodologi tafsirnya. Dalam hal ini, penulis mengambil tafsir al{-T{ari>fi> karena dalam penguraian dan penjelasannya, al-T{ari>fi> menerapkan muna>sabah siya>q. Meskipun al-T{ari>fi> termasuk ulama tafsir kontemporer, tetapi dalam penafsirannya al-T{arifi menggunakan metode klasik. Hal ini menjadi ciri khas tersendiri bagi karya tafsirnya.
Penelitian ini diharapkan dapat menjawab bagaimana sumber, bentuk, corak dan metode tafsir yang digunakan oleh al-T{ari>fi> dalam kitab Al-Tafsi>r wa al-Baya>n li Ah{ka>m Al-Qur’a>n, serta mengetahui apa keunikan metodologi tafsir kitab tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, menggunakan metode-historis dan analisis-deskriptif juga hermeneutis, yang terpacu pada data-data kepustakaan (library research).
Hasil dari penelitian ini bahwa dalam kitab tafsirnya al-T{ari>fi> menggunakan sumber naqly (al-Qur’an, hadis, pendapat sahabat, dan tabi’in), dan sumber ‘aqly (ra’yu/akal). Tafsir al-T{ari>fi ini termasuk kategori tafsir bi al-ma’thu>r menggunakan corak tafsir ah{ka>m dan menggunakan metode tah{li>li> dalam penyajiannya. Beberapa kelebihan yang dimiliki kitab tafsir ini adalah dari sumbernya, tafsir al-T{ari>fi> ini termasuk kategori al-‘a>s{il karena menggunakan sumber dari riwayat yang shahih, yang bernilai marfu>’ tidak menggunakan riwayat yang maud{u>’ dan tidak memasukkan riwayat Israiliyyat ke dalam tafsirnya karena untuk kehati-hatian. Adapun sumber ra’yu yang digunakan termasuk kategori tafsir yang terpuji (mamdu>hah) karena sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa Arab. Tafsir dengan corak ahka>m mempunyai keistimewaan yaitu memudahkan seseorang yang ingin mengetahui dan mendalami hukum-hukum fiqih. Di samping itu, keunikan dari tafsir al-T{ari>fi> ini menerapkan muna>sabah siya>q dalam pembahasannya. Al-T{ari>fi> juga menyajikan pembahasannya dengan memberikan sub-sub tema yang memudahkan pembaca mengetahui apa saja yang dibahas dalam ayat yang sedang ditafsirkan. Dari kelebihan dan keunikan yang ada dalam tafsir al-Tarifi tersebut, maka metodologi tafsir al-T{ari>fi> ini dinilai relevan untuk digunakan untuk menafsirkan al-Qur’an.
Kata kunci: Al-Tafsi>r wa al-Baya>n li Ah{ka>m al-Qur’an, al-T{ari>fi>, metodologi tafsir.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Alwy Amru Ghazali
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:58
Last Modified: 24 Nov 2021 07:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16816

Actions (login required)

View Item View Item