tinjauan hukum islam terhadap jual beli udang vaname di desa hadiwarno kecamatan ngadirojo kabupaten pacitan

Fitriawan, Riki (2021) tinjauan hukum islam terhadap jual beli udang vaname di desa hadiwarno kecamatan ngadirojo kabupaten pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Riki Fitriawan_210217099-dikonversi.pdf

Download (843kB) | Preview

Abstract

Fitriawan, Riki. 2021.Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Udang Vaname Di Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. A. Rodli Makmun, M. Ag.
Kata Kunci: jual beli, mekanisme penetapan penimbangan, mekanisme penetapan harga.
Allah telah memerintahkan umatnya dalam bermuamalah haruslah dengan adil, jujur dan menjauhi riba. Yang menjadi masalah dalam bermuamalah khususnya jual beli yaitu terletak pada takaran atau penimbangan dan harga. Banyak sekali pedagang yang memanipulasi takaran atau timbangan dan harga untuk mencari keuntungan yang lebih. Hal ini akan menyebabkan kerugian bagi salah satu pihak. Di Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan, terdapat Jual beli udang vaname.Jual beli ini dilakukan antara petambak udang sebagai penjual dan supplier udang sebegai pembeli. Penetapan penimbangan pada praktik jual beli udang vaname¸dilakukan oleh petambak dan supplier. Pada penetapan penimbangan ini ukuran udang yang disampling dalam satu kolam hanya mengambil estimasi atau rata-rata ukuran saja, namun dalam hal ini menjadi kurang akurat karena yang diambil ukuran udang hanya yang besar atau setara. Sedangkan pada penetapan harga udang vaname¸harga udang ditetapkan diawal, dan penyerahan uamg dilakukan pada saat ditempat setelah selesai penimbangan udang vaname.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap mekanisme penimbangan dalam jual beli udang vaname di Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap mekanisme penetapan harga dalam jual beli udang vaname di Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan?
Jenis penelitian yang penulis angkat adalah jenis penelitian kualitatif lapangnan (field research) yang menggunakan pendekatan studi kasus dengan tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, kemudian dianalisa dengan menggunakan metode deduktif dengan pendekatan hukum Islam.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Mekanisme penimbangan dalam jual beli udang vaname di Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan sesai dengan Hukum Islam, karena dilakukan secara bersama-sama, jadi kedua belah pihak melakukan dan menyaksikan. Pada saat penimbangan kedua belah pihak sepakat menggunakan cara yang dipakai dalam penimbangan ini, dan kedua belah pihak juga mengetahui berat timbangan dari udang tersebut. Sehingga tidak ada yang dirugikan. Mekanisme Penetapan harga dalam jual beli udang vaname di Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan, harga ditetapkan diawal transaksi, dan dibayarkan secara langsung ditempat setelah transaksi selesai. Dalam jual beli udang vaname ini sesuai dengan Hukum Islam. Karena kedua belah pihak mengetahui satuan harga, diserahterimkan sesuai kesepakatan dan sama-sama rela. Sehingga tidak ada yang dirugikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Achmad Rodli Makmun
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:38
Last Modified: 24 Nov 2021 07:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16815

Actions (login required)

View Item View Item