Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Brand Image BSI KC Kediri

Natalia, Riska (2021) Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Brand Image BSI KC Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817095_Riska Natalia_Perbankan Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Riska Natalia. Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Brand Image BSI KC Kediri. Skripsi, 2021. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Aji Damanuri, M.E.I

Kata kunci : Brand Image, Strategi Pemasaran, STP

Strategi pemasaran merupakan hal penting untuk mengukur keberhasilan sebuah usaha. Permasalahan yang muncul adalah masyarakat masih banyak yang menganggap bahwa bank syariah dan konvensional sama saja karena kurangnya pemahaman masyarakat tentang brand image BSI. Oleh sebab itu diperlukan strategi segmentasi, Targeting, dan positioning dalam menentukan segmen pasar dan target pasar yang ingin dituju serta agar perusahaan mampu menanamkan citra perusahaan di benak konsumen.
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis strategi pemasaran terhadap faktor-faktor pembentuk brand image, untuk menganalisis strategi pemasaran terhadap langkah-langkah pembentukan brand image, untuk menganalisis pemasaran terhadap dampak pembentukan brand image. Metode penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara kepada pihak-pihak BSI KC Kediri yang mengetahui informasi mengenai strategi membangun brand image. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan metode penelitian fieldresearch karena peneliti dalam melakukan pencarian data serta pengumpulan data dilakukan di tempat terjadinya fenomena atau kasus tertentu terjadi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, karena penelitian ini menghasilkan data atau kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang yang di wawancarai atau diamati..
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ; (1)strategi pemasaran terhadap faktor-faktor pembentuk brand image yaitu, Kualitas produk, kepercayaan, kegunaan, harga, dan citra. Sedangkan Strategi pemasaran yang digunakan yaitu segmentasi, targeting dan positioning. Segmen dari faktor-faktor pembentukan brand image yaitu untuk belajar konsumen mengenai brand image, sedangkan target yaitu kepuasan dan kepercayaan konsumen. Dan perbedaan antara BSI dan konvensional yaitu dari segi brand image, falsafah, operasional, akad dan aspek legalitas, lembaga penyelesaian, struktur organisasi, hubungan nasabah, dan tujuan yang berbeda. (2) Strategi pemasaran terhadap langkah-langkah pembentukan brand image yaitu, menggunakan logo yang sesuai, memiliki pesan brand, mengintegrasikan brand, menciptakan pesan yang sesuai dengan brand, konsisten, (3) Strategi pemasaran terhadap dampak pembentukan brand image yaitu, bertambahnya minat masyarakat menabung dan kepercayaan masyarakat meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:26
Last Modified: 24 Nov 2021 07:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16813

Actions (login required)

View Item View Item