..(SCAN SATU LEMBAR PENUH PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Penanaman Nilai Kedisiplinan Melalui Metode Keteladanan Dalam Proses Pembelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VII B Madrasah Tsanawiyah As-Salam Sooko Ponorogo

Mutammimah, Fiky Shofiyyatul (2021) ..(SCAN SATU LEMBAR PENUH PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Penanaman Nilai Kedisiplinan Melalui Metode Keteladanan Dalam Proses Pembelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VII B Madrasah Tsanawiyah As-Salam Sooko Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ETHESES FIKY SHOFIYYATUL M.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Mutammimah, Fiky Shofiyyatul. 2021. Penanaman Nilai Kedisiplinan Melalui Metode Keteladanan dalam Proses Pembelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VII B Madrasah Tsanawiyah As-Salam Sooko Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Drs. Waris, M.Pd.

Kata Kunci: Nilai Kedisiplinan, Metode Keteladanan, Proses Pembelajaran
Dewasa ini nilai karakter sangatlah diperlukan. Mengingat masih terjadi banyaknya krisis moral baik dari kalangan anak-anak, remaja maupun orang tua. Seperti halnya siswa Madrasah Tsanawiyah As-Salam Sooko Ponorogo yang masih rendah dalam segi kedisiplinannya khususnya kelas VII B diantaranya masih sering datang terlambat, berpakaian tidak lengkap, gaduh dan melanggar tata tertib. Penanaman nilai kedisiplinan adalah suatu yang penting untuk dilakukan di sekolah dengan tujuan membantu anak untuk membangun pengendalian diri mereka. Untuk menanamkan nilai kedisiplinan maka Madrasah Tsanawiyah As-Salam Sooko Ponorogo terus berupaya untuk menananamkan nilai kedisiplinan melalui metode keteladanan dalam proses pembelajaran akidah akhlak. Metode keteladanan merupakan metode yang sangat efektif dilakukan guru dalam proses pembelajaran. Karena dengan adanya keteladanan akan sangat berpengaruh pada kebiasaan, tingkah laku dan sikap individu.
Adapun penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui aspek nilai kedisiplinan melalui metode keteladanan dalam proses pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah As-salam Sooko Ponorogo, (2) Untuk mengetahui strategi penanaman kedisiplinan melalui metode keteladanan dalam proses pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah As-salam Sooko Ponorogo, (3) Untuk mengetahui faktor penghambat pendukung nilai kedisiplinan melalui metode keteladanan dalam proses pembelajaran akidah akhlak siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Assalam Sooko Ponorogo.
Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan pada analisa data yang digunakan konsep Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasilnya yaitu: (1) aspek nilai kedisiplinan melalui metode keteladanan dalam proses pembelajaran akidah akhlak yang dilakukan guru adalah seperti berpakaian rapi sesuai ketentuan yang berlaku, masuk kelas tepat waktu, bersikap sopan kepada guru, menjaga keamanan dan kebersihan lingkungan madrasah, bersungguh-sungguh dalam pembelajaran, berdoa sebelum dan sesudah belajar, berjabat tangan, mengikuti sholat berjamaah, dan mematuhi tata tertib (prokes), (2) Strategi penanaman kedisiplinan melalui metode keteladanan dalam proses pembelajaran anatara lain memberi contoh, peringatan atau nasihat, hukuman, dan peningkatan motivasi, (3) Faktor penghambat dari penanaman nilai kedisiplinan adalah, diri siswa karena kurangnya kesadaran bahwa kedisiplinan itu penting, dari keluarga yang kebanyakan broken home sehingga kurangnya pengawasan dan lingkungan masyarakat yang buruk sehingga membawa pengaruh besar terhadap sikap dan tingkah laku siswa. Sedangkan faktor pendukung adalah kerjasama guru, lingkungan madrasah dan sarana prasarana yang ada di madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Waris
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:24
Last Modified: 24 Nov 2021 07:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16810

Actions (login required)

View Item View Item