STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Kasus Pada Online Shop Laila Branded Ponorogo)

MUBAROK, ISNAN RAMADHAN (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Kasus Pada Online Shop Laila Branded Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210716179_ISNAN RAMADHAN MUBAROK_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mubarok, Isnan Ramadhan. Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Online shop Laila Branded Ponorogo). Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Said Abadi, Lc., M.A.

Kata Kunci: Komunikasi pemasaran, online shop, Instagram.
Pemasaran secara online melalui jejaring sosial sudah berkembang menjadi sistem komunikasi yang penting tidak hanya untuk produsen barang atau jasa tetapi bagi customer juga. Toko online (online shop) yang sering kita pakai dan dengar ini sebenarnya bukanlah suatu yang baru. Penjualan secara online atau e-commerce seperti ini tidak hanya terjadi di ibu Kota dan juga kota besar, tetapi juga di Kabupaten Ponorogo. Maraknya online shop di Ponorogo mencerminkan banyaknya masyarakat Ponorogo yang tertarik berbelanja online dari pada pergi berbelanja langsung ke toko untuk memenuhi kebutuhan dan keinginanya.
Fokus masalah dari penelitian ini yaitu memaparkan bagaimana strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial Instagram yang dilakukan pada online shop Laila Branded Ponorogo. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial Instagram yang dilakukan pada online shop Laila Branded Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang meupakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menganalisis praktik jual beli online yang dilakukan Laila Branded Ponorogo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini bahwa proses komunikasi yang dilakukan oleh Laila Branded Ponorogo dalam memasarkan produknya melalui media sosial Instagram adalah dengan menerapkan strategi komunikasi yang mencakup komponen komunikasi (sumber, pesan, media, penerima, efek dan umpan balik), serta mengaplikasikan prinsip pemasaran 4P (product, price, place, promotion). Dalam komunikasi pemasarannya juga ditemukan adanya faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya adalah fitur-fitur Instagram yang beragam dan sangat membantu dalam pemasaran. Adapun faktor penghambatnya adalah adanya pesaing bisnis online lain yang semakin banyak peminatnya. Efektivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan Laila Branded Ponorogo di instagram sangat berpengaruh besar. Terlihat dari peningkatan omset penjualan Laila Branded Ponorogo sekarang mencapai 17 juta perbulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: SAID ABADI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2021 05:39
Last Modified: 24 Nov 2021 05:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16788

Actions (login required)

View Item View Item