Reupload Analisis Pengetahuan Masyarakat Dusun Banjeng Terhadap Menabung Di Bank Syariah

Ngizudin, Taufiq (2021) Reupload Analisis Pengetahuan Masyarakat Dusun Banjeng Terhadap Menabung Di Bank Syariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210817178_TAUFIQ NGIZUDIN_Perbankan Syariah (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ngizudin, Taufiq. Analisis Pengetahuan Masyarakat Dusun Banjeng Terhadap Menabung Di Bank Syariah. 2021. Jurusan Perbankan Syariah. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Faruq Ahmad Futaqi, S.E.,M.E.
Kata kunci : Pengetahuan, Menabung, Bank Syariah.
Menabung merupakan salah satu produk perbankan syariah yang digunakan banyak masyarakat, karena sebuah tindakan yang dianjurkan dalam Islam. dengan menabung, seseorang secara tidak langsung mempersiapkan diri untuk menghadapi masa yang akan datang dan sekaligus untuk berjaga-jaga menghadapi sesuatu yang tidak diinginkan. Pada masyarakat Dusun Banjeng memiliki nilai religiusitas yang tinggi serta mempunyai tokoh masyarakat sebagai kyai dan sebagian masyarakat merupakan lulusan pondok pesantren.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), lokasi penelitian berada di Dusun Banjeng, Desa Dukuh, Kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan, teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam, teknik pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yang didapat langsung dari tokoh masyarakat dan masyarakat Dusun Banjeng. Lalu data diolah menggunakan metode editing, organizing dan analizyng, dan yang terakhir teknik menganalisis data untuk menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah pengetahuan Masyarakat Dusun Banjeng, Desa Dukuh, Kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan masih tergolong rendah, dan kebanyakan masyarakat sudah menjadi nasabah di bank konvensional. Dengan kurangnya pengetahuan masyarakat Dusun Banjeng terhadap menabung di bank syariah, berdasarkan hasil peneliti temukan di lapagan banyak yang menyamakan antara bank konvensional dengan bank syariah. Faktor yang melatarbelakangi kurangnya pengetahuan masyarakat Dusun Banjeng terhadap menabung di bank syariah yaitu kurangnya sosialisai yang dilakukan bank syariah kepada masyarakat Dusun Banjeng, sehingga masih kurangnya informasi dan promosi yang di ketahui masyarakat tentang perbankan syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: faruq ahmad futaqi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2021 05:00
Last Modified: 24 Nov 2021 05:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16784

Actions (login required)

View Item View Item