Sikap Al-Qur'an Dalam Menghadapi Cacian (Studi Ayat-ayat Tentang Cacian Kepada Nabi Muhammad SAW)

Cahyo, Mohamad Bayu Dwi (2021) Sikap Al-Qur'an Dalam Menghadapi Cacian (Studi Ayat-ayat Tentang Cacian Kepada Nabi Muhammad SAW). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
etheses Bayu (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Cahyo, Mohamad Bayu Dwi. 2021. Sikap Dalam Menghadapi Cacian (Studi Ayat-ayat Tentang Cacian Kepada Nabi Muhammad Saw). Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Muhammad Nurdin, M.Ag
Kata Kunci: Cacian, Hinaan, Nabi Muhammad.

Berkembangnya Islam hingga saat ini tidak lepas dari peran Dakwah Nabi Muhammad Saw. Dakwah yang dilakukan oleh Rasulullah Saw tidak selalu berjalan baik, banyak rintangan dan ujian berupa tuduhan hinaan dan cacian yang dilakukan oleh para pembenci Islam. Bahkan cacian dan hinaan itu terabadikan dalam al-Qur’an. Sebagai umat Islam, tentu kita tidak akan rela bila Nabi Muhammad Saw. dicaci dan dihina oleh orang lain. Namun sebelum itu kita juga harus memahami kembali makna dan tafsir ayat-ayat al-Qur’an supaya kita mampu menanggapi dan menyikapi cacian dan hinaan yang ditujukan kepada Nabi Muhammad Saw. dengan bijak.
Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah, yaitu: (1) Bagaimana bentuk cacian kepada Nabi Muhammad Saw. dalam al-Qur’an?, (2) Apa faktor yang menyebabkan munculnya cacian kepada Nabi Muhammad Saw.?, (3) bagaimana sikap Nabi Muhammad Saw. dalam menghadapi cacian?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan model pelaksanaannya adalah penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini menggunakan pendekatan tafsir maudhu’i atau tafsir tematik, yaitu mengambil tema penafsiran al-Qur’an di beberapa kitab rujukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisa penafsiran para mufassir menggunakan metode tafsir maudhu’i terkait sikap Nabi Muhammad Saw. Dalam menghadapi cacian dengan menghadirkan ayat-ayat didalam al-Qur’an yang telah merangkum kosa kata atau kalimat orang terdahulu yang mencaci beliau Saw.
Hasil penelitian ini adalah 1) Sikap al-Qur’an terhadap cacian kepada Nabi Muhammad adalah mengecamnya dan untuk itu balasannya adalah siksa yang pedih dan kekal di neraka jahanam sebagaimana yang terdapat dalam surat at-Taubah ayat 61; 2) sikap Nabi Muhammad terhada cacian adalah sabar, sebagaimana yang terdapat dalam surat al-Mudassir ayat 7, sabar dalam arti kemampuan menahan diri terhadap halangan dan rintangan yang dijumpai agar tetap konsisten melaksanakan apa yang dikerjakan; 3) terhadap cacian terhadap diri beliau, Nabi Muhammad tidak marah dan memaafkan semua perbuatan jahat/buruk mereka sebagaimana yang diabadikan dalam QS. Al-A'raf/7:199. Berbeda bila yang dicaci dan dihina adalah perihal Islam. Sedangkan berkaitan dengan adzab Allah SWT kepada para pencaci Nabi, hal ini sudah menjadi ketetapan tersendiri bagi Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2021 04:59
Last Modified: 24 Nov 2021 04:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16783

Actions (login required)

View Item View Item