Tinjauan Fatwa DSN MUI Terhadap Multi Level Marketing Bisnis Oriflame

Azifah, Azifatul (2021) Tinjauan Fatwa DSN MUI Terhadap Multi Level Marketing Bisnis Oriflame. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AZIFATUL ETHESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Azifah, Azifatul. 2021. “Tinjauan Fatwa Dsn Mui No 75/ Dsn –Mui/Vii/2009 Tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah Terhadap Multi Level Marketing Bisnis Oriflame”.Skripsi.Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.

Kata Kunci :Fatwa Dsn Mui No 75/ Dsn –Mui/Vii/2009, Multi Level Marketing, Oriflame”.

Fatwa DSN adalah fatwa yang dikeluarkan dewan yang dibentuk Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk menangani masalah-masalah yang berhubungan dengan aktivitas keuangan syariah.MLM adalah metode penjualan barang dan jasa dengan menggunakan sistem pemasaran Network Marketing atau sistem penjualan berjenjang.Fatwa yang mengatur MLM syariah adalah fatwa DSN-MUI No. 75 tahun 2009 tentang Penjualan Berjenjang Syariah.Penelitian ini berawal dari produk yang berasal dari PT. Orindo Alam Ayu ini yang mana dalam sistem ini Oriflamemenggunakan sistem hangus poin dan dalam pemasaranya terdapat keganjalan pada setiap member.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini meliputi (1)Bagaimana Tinjauan Fatwa DSN MUI No. 75/DSN MUI/VII/2009 tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariahdalam Pemasaran Bisnis Oriflame?(2)Bagaimana TinjauanFatwa DSN MUI No. 75/DSN MUI/VII/2009 tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah Terhadap Sistem Hangus Poin BisnisMulti Level Marketing Oriflame?
Adapun jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (Field Reasearch) yang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui interview (wawancara). Setelah data diperoleh akan dianalisa dengan teori Fatwa DSN MUI No. 75/DSN MUI/VII/2009 tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah. Penelitian ini berlokasi di Ngawi pada salah satu member Oriflame.
Hasil penelitian ini (1) Pemasaran Bisnis Oriflame berkaitan dengan fatwa DSN MUI No. 75/DSN MUI/VII/2009 tentang PLBS ketentuan hukum , belum sepenuhnya sesuai, sebab tindakan member ini termasuk melakukan dzulm yang memiliki arti ketidakadilan(2)sistem hangus poin pada bisnis Oriflame tidak sesuai dengan dengan ketentuan Fatwa DSN MUI, sebab sistem hangus bisnis Oriflame termasuk bentuk eksploitasi dan ketidakadilan dalam pembagian bonus antara anggota yang dapat memenuhi target dan anggota yang belum memenuhi target.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Purnomo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2021 04:58
Last Modified: 24 Nov 2021 04:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16782

Actions (login required)

View Item View Item