Bimbingan Keagamaan Dalam Meningkatkan Motivasi Melaksanakan Shalat Tahajjud Pada Santri Di Pondok Pesantren Darul Falah Sukorejo

Afrinjani, Khusna Fikriya (2021) Bimbingan Keagamaan Dalam Meningkatkan Motivasi Melaksanakan Shalat Tahajjud Pada Santri Di Pondok Pesantren Darul Falah Sukorejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Khusna Fikriya Afrinjani 211517031.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Afrinjani, Khusna Fikriya. 2021. Bimbingan Keagamaan Dalam Meningkatkan Motivasi Melaksanakan Shalat Tahajjud Pada Santri Di Pondok Pesantren Darul Falah Sukorejo. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Irma Rumtianing UH, M.SI.

Kata Kunci: Bimbingan Keagamaan, Motivasi Melaksanakan Shalat Tahajjud, Santri Di Pondok Pesantren Darul Falah Sukorejo

Ibadah merupakan upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satu ibadah sunah yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT adalah shalat tahajiud, shalat tahajjud adalah shalat sunah yang dikerjakan di tengah malam buta, di saat semua makhluk bernyawa tidur lelap, tiada burung-buruk yang berkicau, tiada ayam yang berkokok, tiada suara mobil, motor atau kendaraan, yang siang hari hiruk pikuk. Tahajud artinya meninggalkan tidur (bangun tidur untuk shalat qiyamullail). Waktunya dimulai setelah mengerjakan shalat Isya sampai masuknya waktu fajar. Tapi yang lebih afdhal ialah di waktu malam. Jadi, shalat tahajud ialah shalat yang dilaksanakan di sepertiga malam, dimana semua makhluk yang bernyawa tertidur lelap kemudian bangun dari tidur dan melaksanakan shalat qiyamullail. Dengan sholat tahajjud seseorang akan memperoleh banyak manfaat yang dapat dirasakan pada tiap hamba yang melakukannya, melalui sholat tahajjudlah seseorang akan dapat berkomunikasi lebih dekat lagi dengan sang pencipta.
Masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam meningkatkan motivasi melaksanakan shalat tahajjud pada santri di Pondok Pesantren Darul Falah Sukorejo, Bagaimana dampak adanya bimbingan keagamaan dalam meningkatkan motivasi pelaksanaan shalat tahajjud oleh santri pondok pesantren Darul Falah.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (fieldresearch) sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Analisa yang digunakan adalah metode induktif dengan tahapan reduksi, display data dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pelaksanaan bimbingan keagamaan sudah berjalan cukup baik, dan juga sudah sangat efektif, para santri dengan sangat bahagia melaksanakan kegiatan yang telah menjadi aturan di pondok pesantren Darul Falah, sedangkan dampak yang di terima oleh santri terhadap bimbingan keagamaan terhadap motivasi pelaksanaan shalat tahajjud sangat positif, meningkatnya santri yang tertib melaksankan sholat tahajjud.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Irma Rumtianing Uswatul Hanifa
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2021 04:15
Last Modified: 24 Nov 2021 04:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16776

Actions (login required)

View Item View Item