Analisis SWOT untuk Pemasaran Exstrak Lumbricus di Masa Pandemi Covid-19

Saimarta, Hany Tiya (2021) Analisis SWOT untuk Pemasaran Exstrak Lumbricus di Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717128_HANY TIYA SAIMARTA_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Saimarta, Hany Tiya. Analisis SWOT untuk Pemasaran Exstrak Lumbricus di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ratna Yunita, M.A.

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT.
Pandemi Covid-19 memberi perubahan di berbagai bidang selama kurang lebih dua tahun ini. Termasuk dalam bidang ekonomi, jumlah permintaan sebagian produk mengalami kenaikan, namun dari segi pemasaranmasih kurang maksimal karena memerlukan adaptasi di lingkungan baru. Hal ini mengharuskan dari empat elemen bauran pemasaran yakni 4P (Product, Price, Place, Promotion) untuk saling berkesinambungan tak terkecuali bagi usaha yang baru berdiri. Peran pemilik usaha dalam mengatur strategi pemasaran harus senantiasa dilakukan agar terpenuhi permintaan konsumen. Karena itulah, usaha ini membentuk rencana yang memiliki pengaruh untuk mempertahankan bisnis dengan memperhatikan potensi, kelemahan, peluang serta ancaman yang muncul. Dari sini peneliti tertarik mengkaji untuk melakukan penelitian dengan bantuan rumusan masalah yang sesuai dengan kondisi yang ada. Pertama, bagaimana strategi pemasaran yang ditempuh usaha Lumbricus Exstrak Cacing pada masa pandemi Covid-19?. Kedua, bagaimana analisis SWOT usaha Lumbricus Exstrak Cacing untuk mempertahankan bisnis pada masa pandemi Covid-19?.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan usaha Lumbricus Exstrak Cacing dan menganalisis langkah yang dilakukan untuk mempertahankan bisnis pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan bantuan matrik SWOT.
Hasil penelitian ini adalah strategi pemasaran yang dilakukan usaha Lumbricus Exstrak Cacing yaitu strategi produk dengan menjual produk menyesuaikan kebutuhan konsumen, menjaga persediaan, melakukan kerjasama usaha sejenis. Strategi harga yang dilakukan yaitu mengambil sedikit keuntungan, harga pas dan memperhatikan biaya tambahan. Strategi lokasi yaitu melihat peluang lahan yang digunakan dan lokasi strategis yang dekat dari keramaian masyarakat. Strategi promosi yang diterapkan yaitu dilakukan secara langsung yang menginformasikan secara langsung ke konsumen dan mouth to mouth. Promosi secara tidak langsung dilakukan melalui pemasaran di media sosial dan dibantu soft pamflet. Berdasarkan observasi usaha ini merupakan usaha yang baru berdiri sehingga terdapat faktor yang memengaruhi ketidaksesuaian jalannya usaha. Sehingga strategi lain yang menguatkan adalah analisis SWOT yang dapat membantu membedah faktor internal (kekuatan dan kelemahan) maupun eksternal (peluang dan ancaman) untuk menghasilkan strategi yang bisa mempertahankan usaha ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ratna Yunita
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:06
Last Modified: 24 Nov 2021 03:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16762

Actions (login required)

View Item View Item