Analisa Manajemen Sumber Daya Manusia Kelompok Tani “Tani Maju” di Dusun Bener

Saputro, Yusuf Aji (2021) Analisa Manajemen Sumber Daya Manusia Kelompok Tani “Tani Maju” di Dusun Bener. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717108_YUSUF AJI SAPUTRO_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Saputro, Yusuf Aji. 2021. “Analisa Manajemen Sumber Daya Manusia Kelompok Tani “Tani Maju” di Dusun Bener” Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Dosen Pembimbing Mansur Azis, M.S.I.
Kata Kunci : Manajemen Sumber Daya Manusia
Kelompok tani “Tani Maju” merupakan komoditas tani dalam satu tujuan dengan saling menguntungkan dalam mengembangkan sumber daya manusia pengelolaan pertanian secara produktif. Namun adanya dispilin kerja yang dilakukan oleh anggota kelompok tani tidak menjalankan secara sungguh-sungguh dan tidak mematuhi kesepakatan bersama.. dengan hal ini peneliti melakukan pengkajian manajemen sumber daya manusia dalam kinerja kelompok tani.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja kelompok tani “Tani Maju” di Dusun Bener ? Apa faktor-fakor yang memengaruhi kinerja kelompok tani “Tani Maju” di Dususn Bener? Bagaimana analisis dampak pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja kelompok tani “Tani Maju” di Dusun Bener? Di dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian observasi dan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan analisis induktif.
Hasil penelitian ini adalah pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan di kelompok tani “Tani Maju” terdapat metode pendidikan dengan melalui metode kuliah, diskusi dan studi kasus, untuk metode pelatihan dengan metode On the job training dan vestibule. Faktor yang memengaruhi kemamapuan, pengetahuan, motivasi kerja, kepemimpinan, budaya organisasi, loyalitas dan untuk faktor kepribadian belum bisa memengaruhi kinerja dalam manajemen sumber daya manusia. Sedangkan, dampak pengembangan sumber daya manusia memberikan pemahaman lebih terhadap pekerjaan yang dilakukan dan mempermudah dalam bekerja, yang dirasakan pengurus kelompok dengan melihat anggota

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansur Azis
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:03
Last Modified: 24 Nov 2021 03:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16757

Actions (login required)

View Item View Item