Pandangan Fikih Imam Al-Nasafi dalam Kitab Tafsir Madarik Al-Tanzil Wa Haqaiq Al-Ta'wil (Kajian Ayat-Ayat Taharah)

Istibsyaroh, Mamluatul (2021) Pandangan Fikih Imam Al-Nasafi dalam Kitab Tafsir Madarik Al-Tanzil Wa Haqaiq Al-Ta'wil (Kajian Ayat-Ayat Taharah). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
MAMLUATUL ISTIBSYAROH 210417022 IAT SKRIPSI UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Istibsyaroh, Mamluatul. Pandangan Fikih Imam Al-Nasafi> dalam Kitab Tafsir Mada>rik Al-Tanz>il Wa H{aqa>iq Al-Ta’wi>l (Kajian Ayat-Ayat Taharah). Skripsi, 2021. Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir. Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Muhammad Tasrif, M. Ag.

Kata kunci: Pandangan Fikih, Metode dan Corak Tafsir, Taharah.

Karya ini dilatar belakangi oleh beberapa pendapat yang menyatakan bahwa Imam Al-Nasafi dikenal sebagai orang yang fanatik dalam bermazhab, dan senantiasa selalu membela mazhab yang dianutnya sehingga menolak pendapat yang tidak sesuai dengan mazhabnya. Hal ini disebabkan oleh keadaan sosial kehidupan beliau yang diperkirakan pada masa akhir pemerintahan Abbasiyah yang terjadi banyak pertumpahan darah dan muncul berbagai macam aliran. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini dengan merumuskan masalah guna mengetahui: 1) Pandangan fikih dan penafsiran Imam Al-Nasafi terhadap ayat-ayat taharah dalam kitab Tafsir Mada>rik Al-Tanz>il Wa H{aqa>iq Al-Ta’wi>l dipengaruhi oleh mazhab fikih yang dianutnya. 2) Metode dan corak yang digunakan oleh Imam Al-Nasafi dalam kitab tafsirnya. 3) Kecenderungan mazhab fikih Imam Al-Nasafi dalam menafsirkan ayat-ayat taharah.
Jenis penelitian ini adalah library research, sehingga data-data yang diperoleh berasal dari sumber data primer yaitu kitab Tafsir Mada>rik Al-Tanz>il Wa H{aqa>iq Al-Ta’wi>l karya Imam Al-Nasafi>. Dan sumber data sekunder berupa kitab Kanzu Al-Daqa’iq dan buku-buku fikih khususnya fikih taharah, buku perbandingan mazhab serta dokumen-dokumen lain. Cara pengumpulan data berpacu pada pendekatan tafsir tematik karena penelitian ini khusus membahas ayat-ayat taharah. Dan analisis data menggunakan analisis-deskriptif, dengan menganalisis gagasan utama objek penelitian lalu mendeskripsikan berdasarkan fakta-fakta yang ada.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Imam Al-Nasafi dalam penafsirannya dipengaruhi oleh mazhab fikih yang dianutnya yaitu Mazhab Hanafi. Namun dalam penafsirannya beliau terbuka dalam menyebutkan pendapat mazhab-mazhab lain. 2) Metode yang digunakan Imam Al-Nasafi dalam kitab tafsirnya adalah metode tafsir analitis (tahlili/ tafsili). Lalu corak dari kitab tafsir ini adalah corak kombinasi antara corak bahasa (lughowi) dan corak fikih (fiqh). 3) Kecenderungan fikih Imam Al-Nasafi pada Mazhab Hanafi, ada yang ditampakkan secara eksplisit dan implisit, seperti pada QS. Al-Baqara [2]: 222 dan QS. Al-Nisa’ [4]: 43. Sedangkan pada QS. Al-Maidah [5]: 6 ditampakkan dengan jelas kecenderungan beliau pada Mazhab Hanafi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Tasrif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:09
Last Modified: 24 Nov 2021 03:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16752

Actions (login required)

View Item View Item