..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf Terhadap Pelaksanaan Tugas Naẓir di Panti Asuhan Nuruis Syamsi Desa Padas Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo

Haikal Nizar, Muhammad (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Tinjauan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf Terhadap Pelaksanaan Tugas Naẓir di Panti Asuhan Nuruis Syamsi Desa Padas Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI UPLOAD PERPUS-converted (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nizar, Muhammad Haikal, 2021.. Tinjauan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf Terhadap PelaksanaanTugas Naẓir di Panti Asuhan Nurus Syamsi Desa Padas Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam. Fakultas Syariah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Khusniati Rofiah, M.S.I
Kata Kunci/Keyword: Undang-Undang, Wakaf, Tugas Naẓir
Di Indonesia regulasi berkaitan dengan wakaf terdapat dalam Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf. Dalam Pasal 11 naẓir memiliki tugas, diantaranya: a. melakukan pengadministrasian harta benda wakaf; b. melaporkan pelaksanaan tugas kepada Badan Wakaf Indonesia. Di Panti Asuhan Nurus Syamsi terdapat permasalahan dalam pelaksanaan administrasi dan pelaporan wakaf oleh naẓir, yaitu belum terselesaikannya administrasi dan pelaporan sesuai Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pelaksanaan tugas naẓir dalam pengelolaan administrasi wakaf di Panti asuhan Nurus Syamsi Desa Padas Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo ditinjau dari Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004? (2) bagaimana Pelaksanaan tugas naẓir dalam Pelaporan wakaf di Panti Asuhan Nurus Syamsi Desa Padas Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo ditinjau dari Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu pembahasan yang diawali dengan mengemukakan dalil-dalil, teori-teori atau ketentuan yang bersifat umum dan selanjutnya dikemukakan kenyataan yang bersifat khusus.
Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004. Maka dapat disimpulkan bahwa 1) Pelaksanaan tugas naẓir di Panti Asuhan Nurus Syamsi Desa Padas Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo oleh naẓir organisasi Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bungkal dalam melaksanakan pengadministrasian harta benda wakaf sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf. 2) Sedangkan tugas naẓir selanjutnya dalam hal pelaporan harta benda wakaf masih belum sesuai dengan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf, karena dalam Undang-Undang Wakaf naẓir seharusnya melaporkan kepada (BWI) namun yang terjadi di lapangan pelaporan naẓir hanya sebatas internal persyarikatan yaitu kepada Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ponorogo dan juga setelah terbitnya sertifikat tanah wakaf naẓir belum melaporkan ke PPAIW setenpat karena sertifikat tanah wakaf masih dipegang Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:09
Last Modified: 24 Nov 2021 03:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16749

Actions (login required)

View Item View Item