Hubungan Penggunaan Media Sosial WhatsApp dengan Kesehatan Mental Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo Angkatan 2016)

Efendi, Ridwan Prasetyo (2021) Hubungan Penggunaan Media Sosial WhatsApp dengan Kesehatan Mental Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo Angkatan 2016). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
RIDWANPE APLOD ETHESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ridwan Prasetyo Efendi. 2021. Hubungan Penggunaan Media Sosial WhatsApp dengan Kesehatan Mental Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo Angkatan 2016)
Pembimbing Fadhilah Rahmawati, S.S., M.Si

Kata Kunci: WhatsApp, Kesehatan Mental, Mahasiswa
Dampak penggunaan WhatsApp sempat penulis temui dalam berbagai postingan di Instagram dan Twitter yang dalam postingan tersebut menyebutkan bahwa orang yang sedang dalam masalah memiliki kecenderungan untuk menghapus foto profil mereka, selain itu pesan yang tidak kunjung mendapat balasan dapat menyebabkan overthinking atau membuat orang yang menunggu balasan tersebut merasa kesal. Kemudian dalam suatu kesempatan, penulis dan teman teman penulis mengobrol mengenai WhatsApp, mereka bercerita bahwa story yang diunggah pernah menimbulkan kesalahpahaman bagi orang lain, padahal tidak ada maksud untuk menyindir siapapun.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Tingkat Penggunaan Media Sosial WhatsApp Mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam IAIN Ponorogo Angkatan 2016. (2)Tingkat Kesehatan Mental Mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam IAIN Ponorogo Angkatan 2016. (3)Hubungan Penggunaan Media Sosia WhatsApp dengan Kesehatan Mental Mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam IAIN Ponorogo Angkatan 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penyebaran data menggunakan teknik angket yang disebaran memalui google form dan hasil data dianalisis menggunakan korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Penggunaan Media Sosial WhatsApp Mahasiswa BPI IAIN Ponorogo termasuk dalam kategori sedang. Dengan hasil analisis data yaitu sebesar 55.3% dengan jumlah 21 mahasiswa. (2) tingkat Kesehatan Mental Mahasiswa BPI IAIN Ponorogo termasuk dalam kategori sedang. Hasil analisi data menunjukkan, 27 responden yang memiliki persentase 71,1 % termasuk kategori sedang. (3) Tidak terdapat Hubungan antara Penggunaan Media Sosial WhatsApp dengan Kesehatan Mental Mahasiswa BPI IAIN Ponorogo Angkatan 2016. Hasil perhitungan menggunakan SPSS versi 25 menunjukkan nilai signifikansi 0,179 dengan hasil r hitung yaitu 0,223. Apabila diuji sesuai kaidah dengan taraf signifikansi 5% maka r hitung 0,223 < dari r table 0, 321.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fadhilah Rahmawati
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:02
Last Modified: 24 Nov 2021 03:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16733

Actions (login required)

View Item View Item