pengaruh dana pihak ketiga dan non performing financing terhadap return on assets melalui pembiayaan murabahah sebagai variabel intervening pada bank umum syariah di indonesia tahun 2015-2019

Rahmagiasti, Chici Oksadela (2021) pengaruh dana pihak ketiga dan non performing financing terhadap return on assets melalui pembiayaan murabahah sebagai variabel intervening pada bank umum syariah di indonesia tahun 2015-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817198_Chici Oksadela Rahmagiasti_Perbankan Syariah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Oksadela Rahmagiasti, Chici. 2021. “Pengaruh Dana Pihak Ketiga Dan Non Performing Financing Terhadap Return On Assets Melalui pembiayaan Murabahah Sebagai Variabel Intervening Bank Umum Syariah Di Indonesia Pada Tahun 2015-2019”. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Ely Masykuroh, S.E., M.SI.
Kata Kunci : DPK, NPF, ROA, Pembiayaan Murabahah.
ROA penting bagi bank karena ROA merupakan suatu pengukur kemampuan manajemen bank dalam memperoleh keuntungan secara keseluruhan.Peningkatan ROA dipengaruhi dengan besar kecilnya DPK.Peningkatan ROA juga tidak terlepas dari meningkatnya Pembiayaan Murabahah. Tetapi, pada laporan keuangan Bank BRI Syariah pada periode 2015-2019 terjadi DPK naik tetapi ROA mengalami penurunan, pada pembiayaan murabahah menurun akan tetapi NPF meningkat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini menggunakan laporan keuangan tahunan BUS di Indonesia dengan jumlah data 40. Data diperoleh dari website OJK. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data diperoleh melalui data yang disediakan oleh OJK.Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana dan berganda, analisis jalur/ path analysis, dan analisis hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa DPK berpengaruh langsung signifikan terhadap pembiayaan murabahah, NPF berpengaruh langsung signifikan terhadap pembiayaan murabahah, secara simultan DPK dan NPF berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan murabahah.DPK berpengaruh signifikan terhadap ROA, NPF berpengaruh dan signifikan terhadap ROA.Pembiayaan Murabahah berpengaruh langsung terhadap ROA.Secara simultan DPK, NPF, dan pembiayaan murabahah berpengaruh signifikan terhadap ROA. Pembiayaan murabahah sebagai variabel intervening terbukti mampu memediasi pengaruh DPK terhadap ROA. Pembiayaan murabahah sebagai variabel intervening terbukti tidak mampu memediasi pengaruh NPF terhadap ROA.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:01
Last Modified: 24 Nov 2021 03:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16731

Actions (login required)

View Item View Item