Pengaruh Capital Adequacy Ratio,Biaya Operasional Dan Pendapatan Operasional Terhadap Return On Asset Dengan Financing To Deposit Ratio Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Umum Syariah Tahun 2015-2019

Aini, Rofin Nur (2021) Pengaruh Capital Adequacy Ratio,Biaya Operasional Dan Pendapatan Operasional Terhadap Return On Asset Dengan Financing To Deposit Ratio Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Umum Syariah Tahun 2015-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817075_Rofin Nur Aini_Perbankan Syariah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nur Aini, Rofin. 2021. Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Biaya Operasional dan Pendapatan Operasional, Terhadap Return On Asset Dengan Financing To Deposit Ratio Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Umum syariah Periode 2015-2019. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Islam Institut Agama Islam Negri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Hj. Ely Masykuroh, SE., MSI.
Kata Kunci : Capital Adequacy Ratio, Biaya Operasional dan Pendapatan Operasional, Return On Asset, Financing To Deposit Ratio.
ROA penting bagi Bank karena menjadi salah satu rasio profitabilitas yang digunakan untk mengukur kemampuan Bank. penelitian ini menggunakan FDR sebagai Variabel intervening karena FDR adalah rasio untuk mengukur kemampuan bank. pada faktanya dalam penelitian ini menemukan bahwa nilai CAR dan FDR mengalami peningkatan namun tidak disertai dengan meningkatnya nilai ROA justru mengalami penurunan dan menemukan nilai BOPO menurun namun tidak disertai dengan peningkatan ROA justru mengalami penurunan.
Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. populasi dalam penelitian ini menggunakan laporan keuangan tahunan Bank yang terdaftar pada OJK tahun 2015-2019. Dengan jumlah Sampel 8 bank, Data diperoleh dari Website Bank BRI syariah, Bank Muamalat indonesia, Bank Victoria Syariah, Bank Jabar banten Syariah, Bank Panin Syariah, Bank Syariah Bukopin, Bank BCA syariah dan Bank Aceh Syariah. Teknik Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui Website yang disediakan oleh masing-masing bank. Analisis data yang digunakan adalah Uji deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Analisis regresi Linier Sederhana, analisis Regresi Linier Berganda, Analisis Jalur/Path analys, Uji t, Uji f dan Koefisien Determinasi (R2).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa CAR berpengaruh dan signifikan terhadap FDR, BOPO berpengaruh Signifikan terhadap FDR. CAR, BOPO sama-sama berpengaruh signifikan terhadap FDR. CAR berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA. BOPO berpengaruh signifikan terhadap ROA. FDR berpengaruh signifikan terhadap ROA. CAR, BOPO, FDR bersama-sama berpengaruh terhadap ROA. FDR sebagai variabel intervening terbukti dapat memediasi variabel CAR terhadap ROA pada Bank Umum Syariah. FDR sebagai variabel intervening tidak terbukti dapat memediasi variabel BOPO terhadap ROA pada Bank Umum Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:00
Last Modified: 24 Nov 2021 03:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16730

Actions (login required)

View Item View Item