Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Dan Musyarakah Terhadap Return On Equity Dengan Non Performing Financing Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Umum Syariah Periode 2014-2019

Nabila, Aim Matin (2021) Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Dan Musyarakah Terhadap Return On Equity Dengan Non Performing Financing Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Umum Syariah Periode 2014-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817207_Aim Matin Nabila_Perbankan Syariah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nabila, Aim Matin. 2021. Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Dan Musyarakah Terhadap Return On Equity Dengan Non Performing Financing Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Umum Syariah Periode 2014-2019. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ridho Rokamah, S.Ag., MSI

Kata Kunci: Pembiayaan Mudharabah, Pembiayaan Musyarakah, Return On Equity, Non Performing Financing.

Return On Equity (ROE) merupakan ukuran untuk melihat kinerja bank syariah dalam segi profitabilitasnya. Pada penelitian ini menggunakan NPF sebagai variable intervening, karena NPF adalah pembiayaan bermasalah yang dialami oleh bank, pembiayaan ini jelas akan mempengaruhi kinerja suatu bank dan akan berdampak pada profitabilitas yang akan didapat oleh bank. ROE pada periode 2014-2019 mengalami penurunan. Faktor yang mempengaruhi ROE pada penelitian ini yaitu pembiayaan mudharabah dan musyarakah. Pembiayaan mudharabah dan musyarakah merupakan pembiayaan dengan prinsip bagi hasil. Kemudian pada periode 2014-2019 dalam penelitian ditemukan permasalah dimana jika pembiayaan mudharabah mengalami kenaikan akan tetapi ROE mengalami penurunan, saat pembiayaan musyarakah mengalami penurunan tetapi ROE mengalami kenaikan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yaitu data tahunan Bank Umum Syariah yang dipublikasikan pada website masing-masing bank yang diteliti periode 2014-2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan tingkat signifikansi 0,05 dan analisis jalur/path analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiayaan mudharabah berpengaruh secara signifikan terhadap Return On Equity (ROE). Pembiayaan musyarakah tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Return On Equity (ROE). Pembiayaan mudharabah berpengaruh negatif secara signifikan terhadap Non Performing Financing (NPF). Pembiayaan musyarakah berpengaruh secara positif signifikan terhadap Non Performing Financing (NPF). Non Performing Financing (NPF) berpengaruh secara signifikan negatif terhadap Return On Equity (ROE). Pembiayaan mudharabah, musyarakah dan Non Performing Financing (NPF) secara bersama-sama berpengaruh terhadap Return On Equity (ROE). Pembiayaan mudharabah dan pembiayaan musyarakah secara bersama-sama berpengaruh terhadap NPF. Non Performing Financing (NPF) tidak dapat memediasi pembiayaan mudharabah terhadap Return On Equity (ROE) sedangkan Non Performing Financing (NPF) dapat memediasi pembiayaan musyarakah terhadap Return On Equity (ROE).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2021 02:57
Last Modified: 24 Nov 2021 02:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16729

Actions (login required)

View Item View Item