Analisis Bauran Pemasaran Syariah Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada The Kebab Factory Ponorogo

Saifudin, Ahmad (2021) Analisis Bauran Pemasaran Syariah Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada The Kebab Factory Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717144_Ahmad Saifudin.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata kunci : Produk, promosi, harga, tempat.
Pemasaran merupakan elemen penting dalam sebuah bisnis. Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, para pemilik usaha berlomb-lomba untuk memasarkan produknya untuk meningkatkan penjualan serta meningkatkan labanya. Menurut teori, Penjualan merupakan kegiatan dari pemasaran yang ditujukan untuk mengadakan pertukaran terhadap suatu produk dari produsen kepada konsumen. Semua kegiatan penjualan yang dilakukan oleh perusahaan adalah untuk memberikan kepuasan kepada konsumen, guna mencapai keuntungan yang optimal.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode analisis data induktif, teknik pengecekan keabsahan data dengan metode triangulasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam memasarkan produknya The Kebab Factory telah melibatkan unsur-unsur pemasaran syariah. Produk yang dijual merupakan produk halal serta tidak merugikan orang lain, harga yang ditawarkan oleh produsen merupakan harga yang kompetitif, lokasi gerai berada ditempat yang dtrstegis, didukung oleh tenaga manusia yang telah terlatih, produk diproduksi melalui proses yang baik, karyawan diwajibkan menutup aurat saat bekerja, menyerahkan prosuk sesuai dengan pesanan serta selalu sabar dalam melayani konsumen. Penerapan bauran pemasaran secara Islam pada The Kebab Factory pada usaha ini telah membawa dampak yang baik. Terjadi kenaikan penjualan setelah penerapan bauran pemasaran syariah pada bulan November. Namun pada bauran tempat dan bauran promosi penerapanya kurang optimal sehingga peningkatan penjualanya belum sesuai dengan yang diharapkan. Usaha ini tetap mampu bertahan ditengah pandemi, bahkan tetap berusaha untuk berkembang disaat situasi yang kurang menguntungkan. Hal ini juga didukung oleh pengalaman serta pemikiran yang cukup matang dari pemilik usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faruq Ahmad Futaqi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2021 02:52
Last Modified: 24 Nov 2021 02:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16720

Actions (login required)

View Item View Item