Tinjauan Maslahah Terhadap Distribusi Bantuan Presiden Bpum Nasabah PT PNM Mekar Cabang Desa Watupatok Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan

Sari, Suci Riskiana (2021) Tinjauan Maslahah Terhadap Distribusi Bantuan Presiden Bpum Nasabah PT PNM Mekar Cabang Desa Watupatok Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-SUCI RISKIANA SARI-210217081-HES.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sari, Suci Riskiana, 2021. Tinjauan Ma}slah}ah terhadap Distribusi Banpres Umkm (Studi Kasus Nasabah Pnm Mekar Desa Watupatok Kec Bandar Kab Pacitan). Skirpsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.

Kata kunci: Ma}slah}ah, Efektivitas, Banpres.
Pemerintah telah membagikan bantuan produktif kepada pelaku usaha mikro senilai Rp2,4 juta kepada 12 juta pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sepanjang tahun 2020. Bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM) sebesar Rp2,4 juta ini merupakan bagian program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibat pandemi Covid-19. Tujuan bantuan untuk para pelaku usaha UMKM ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 pada 2021. Selain itu, tujuan diadakannya program ini guna menstimulus perekonomian dalam negeri yang tengah terpuruk.
Rumusan masalah dalam penenlitian ini adalah: (1) bagaiamana Tinjauan Maslah}a>h terhadap syarat penerima dana Usaha Mikro Kecil Menengah oleh PT Permodalan Nasional Madani Mekar Cabang Desa Watupatok Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan? (2) Bagaimana Tinjauan Maslah}a>h terhadap penyaluran Dana Usaha Mikro Kecil Menengah oleh PT Permodalan Nasional Madani Mekar Cabang Desa Watupatok Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan?
Adapupun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis menggunakan metode induktif, yaitu dari menggunakan fakta-fakta empirik yang bersifat khusus dari hasil penelitian kemudian diakhiri dengan kesimpulan bersifat umum.
Dari analisis data ini dapat disimpulkan bahwa: (1) PT PNM mengambil keuntungan dengan mengharuskan penerima Banpres membawa nasabah baru sebagai syarat pencairan dana Banpres. PT PNM Mekar yang mengambil keuntungan dibalik pembagian dana Banpres menimbulkan adanya penyimpangan terhadap mas{lah{ah dengan pendekatan maqa>s}is al-shari>’ah kususnya h}ifz} al-ma>l dalam tingkatan ta}his>ni>yah karena tidak sesuai dengan. Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 6 Tahun 2020.(2) Mekanisme pembagian Banpres melalui PT PNM Mekar di Desa Watupatok tersebut tergolong mas{lah{ah tingkat h{a>ji>yah yaitu mas{lah{ah yang tingkat kebutuhan hidup manusia kepadanya tidak berada pada tingkat d{aru>ri>yah. Prinsip utama aspek h{a>ji>yah ini untuk menghilangkan kesulitan, meringankan beban takli>f, dan memudahkan urusan mereka sesuai Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 6 Tahun 2020, tentang pembagian dana Banpres. Apabila hal tersebut ditinjau dari teori mas{lah{ah terdapat kemanfaatan yang didapatkan oleh para penerima bantuan dana Banpres, akan tetapi disisi lainn masih terdapat kemudaratan karena penyaluran dana Banpres belum tepat dengan sasaran dan peraturan pemerintah.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Moh.Mukhlas
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2021 02:48
Last Modified: 24 Nov 2021 02:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16713

Actions (login required)

View Item View Item