Implementasi Panca Jiwa Pondok dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin Santriwati Kelas 6 Pesantren Putri Al-Mawaddah Ponorogo

Lestari, Titin Ayu (2021) Implementasi Panca Jiwa Pondok dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin Santriwati Kelas 6 Pesantren Putri Al-Mawaddah Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210316159 TITIN AYU LESTARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Lestari, Titin Ayu. 2021. Implementasi Panca Jiwa Pondok dalam menumbuhkan Karakter Disiplin Santriwati kelas 6 Pesantren Putri Al-Mawaddah Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati, M.Pd.I.

Kata Kunci: Panca Jiwa Pondok, Disiplin, Karakter Disiplin.
Dasar yang menjadi pondasi bagi santriwati di Pesantren adalah ajaran Islam Al-Qur’an, Sunnah, dan Panca Jiwa Pondok. Al-Qur’an dan Sunnah merupakan pedoman hidup bagi seluruh umat Islam, sedangkan Panca Jiwa Pondok merupakan nilai-nilai mendasar setelah Al-Qur’an dan sunnah yang djiadikan dasar atau landasan hidup bagi masyarakat pesantren, baik ketika di Pesantren ataupun kehidupan setelah Pesantren. Selain dasar hidup di Pesantren karakter disiplin juga sangat berperan dalam menjalani hidup di pesantren. Maka, seluruh warga yang tinggal di pesantren termasuk santri, guru ataupun karyawan harus mau dan mampu menjalankan disiplin yang ada, dengan tidak melanggar aturan yang berlaku. Namun, akhir-akhir ini beberapa kali dijumpai sebagian dari santriwati kelas 6 Pesantren Putri Al-Mawaddah melanggar disiplin, sehingga mereka sering mendapatkan sanksi. Semakin sering santriwati mendapatkan sanksi, berarti semakin sering mereka melanggar peraturan atau disiplin. Berangkat dari masalah ini peneliti melakukan di Pesantren Putri Al-Mawaddah.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan Panca Jiwa Pondok di Pesantren Putri Al-Mawaddah, (2) Untuk mengungkap persepsi santriwati kelas 6 terhadap Panca Jiwa Pondok di Pesantren Putri Al-Mawaddah, (3) Untuk menganalisis dampak persepsi Panca Jiwa Pondok terhadap karakter disiplin santriwati Pesantren Putri Al-Mawaddah.
Untuk menjawab tujuan di atas, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Pesantren Putri Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknis analisis Miles & Huberman yang meliputi langkah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi.
Dari hasil penelitian, ditemukan: (1) Penerapan panca jiwa pondok di Pesantren Putri Al-Mawaddah dilakukan dalam tiga cara: pembiasaan nilai-nilai panca jiwa pondok, penegakan peraturan atau disiplin,pembelajaran, (2) Santriwati kelas 6 memandang panca jiwa pondok sebagai dasar pedoman hidup di dalam ataupun di luar pesantren yang harus dimiliki oleh setiap santriwati, (3) Persepsi santriwati terhadap panca jiwa pondok memberi berdampak pada perilaku santriwati, termasuk pada perilaku disiplin santriwati, sehingga pada akhirnya persepsi santriwati tentang panca jiwa ini dapat mempengaruhi karakter disiplin santriwati.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 07:29
Last Modified: 23 Nov 2021 07:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16701

Actions (login required)

View Item View Item