Pengaruh Lahan, Benih dan Pupuk Terhadap Hasil Produksi Porang Di Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo

Istiva, Dona (2021) Pengaruh Lahan, Benih dan Pupuk Terhadap Hasil Produksi Porang Di Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Dona Istiva_210716172_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Istiva, Dona. 2021.PengaruhLahan, Benih, dan Pupuk Terhadap Hasil Produksi Porang Di Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo.Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, FEBI, IAIN PONOROGO. Program Sarjana S-1. Pembimbing Ruliq Suryaningsih, M.Pd.
Kata Kunci:Produksi, Lahan, Benih, Pupuk.
Produksi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan menghasilkan barang atau meningkatkan nilai guna suatu barang dan jasa.Produksi dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah lahan, benih dan pupuk.Kesuburan tanah sangat penting untuk pertumbuhan tanaman, karena memasok unsure esensial.Benih yaitu tanaman atau bagiannya yang digunakan untuk memperbanyak dan mengembangbiakkan tanaman.Faktor penentu suksesnya produksi adalah penggunaan benih bermutu.Benih bermutu adalah benih yang memiliki kemampuan untuk berkecambah pada kondisi lingkungan yang cukup baik.Pupuk adalah bahan kimia atau organisme yang berperan dalam penyediaan unsure hara bagi keperluan tanaman secara langsung atau tidak langsung.Namun teori tersebut bertentangan dengan kenyataan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah lahan berpengaruh signifikan terhadap hasil produksi porang di Desa Baosan Kidul?, Apakah benih berpengaruh signifikan terhadap hasil produksi porang di Desa Baosan Kidul?, (3) Apakah pupuk berpengaruh signifikan terhadap hasil produksi porang di Desa Baosan Kidul?, (4) Apakah lahan, benih, dan pupuk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil produksi porang di Desa Baosan Kidul?
Penelitian ini menggunaan pendekatan penelitian kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah petani porang yang ada di Desa Baosan Kidul yang jumlahnya tidak diketahui.Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling eksidental dengan 97 responden sebagai sampel penelitian.Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Lahan berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap hasil produksi porang di Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo.Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai sig untuk variabel lahan sebesar 0.623 > 0.05. (2) Benih berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap hasil produksi porang di Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai sig untuk benih sebesar 0.380 > 0.05 (3) Pupuk berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap hasil produksi porang di Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo.Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai sig untuk tenaga kerja sebesar 0.659 > 0.05. (4) Lahan, benih, dan pupuk secara simultan berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap hasil produksi porang di Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji F yang memperoleh nilai sig sebesar 0.484 > 0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 06:48
Last Modified: 23 Nov 2021 06:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16698

Actions (login required)

View Item View Item