Upaya Komunitas Bringin Muda Bersemi (BMB) Dalam Meningkatkan Literasi Melalui Ahad Literasi Di Desa Bringin Kauman Ponorogo

Nurpitasari, Anggraini (2021) Upaya Komunitas Bringin Muda Bersemi (BMB) Dalam Meningkatkan Literasi Melalui Ahad Literasi Di Desa Bringin Kauman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317373_Anggraini Nurpitasari_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nurpitasari, Anggraini. 2021. Upaya Komunitas Bringin Muda Bersemi (BMB) Dalam Meningkatkan Literasi Melalui Ahad Literasi Di Desa Bringin Kauman Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Ponorogo, Pembimbig Muhammad Heriyudanta, M.Pd.I.

Kata Kunci: Upaya Komunitas, Literasi

Penelitian ini dilatarabelakangi oleh rendahnya minat baca anak di desa Bringin Kauman Ponorogo. Hal ini disebabkan karena kurangnya kesadaran orangtua akan pentingnya membaca, kebiasaan anak yang lebih memprioritaskan untuk bermain gadget daripada membaca buku ditambah dengan sekolah yang meliburkan siswa untuk tidak melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas tetapi meminta untuk belajar di rumah selama pandemi covid-19. Melihat kondisi tersebut khususnya komunitas Bringin Muda Bersemi (BMB) tergerak untuk mengadakan program literasi dengan tujuan utama meningkatkan literasi selain itu mengajak anak untuk tetap belajar walaupun tidak masuk sekolah, mengurangi waktu bermain anak sehingga digunakan untuk kegiatan membaca.

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui eksistensi komunitas Bringin Muda Bersemi (BMB) dalam kegiatan literasi (2) untuk mengetahui upaya komunitas Bringin Muda Bersemi (BMB) dalam meningkatkan literasi melalui ahad literasi (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Bringin Muda Bersemi (BMB) dalam meningkatkan literasi anak di desa Bringin (4) untuk mengetahui implikasi program ahad literasi bagi anak di desa Bringin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Hiberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Eksistensi komunitas Bringin Muda Bersemi (BMB) dalam kegiatan literasi yaitu memberikan fasilitas dengan menyediakan berbagai buku dan tempat yang nyaman yang digunakan untuk kegiatan membaca dan menulis bagi anak-anak yang berkunjung ke lapak buku (2) Upaya yang dilakukan oleh Bringin Muda Bersemi (BMB) dalam meningkatkan literasi dengan berbagai program kegiatan sebagai berikut: mengadakan kegiatan yang tidak berhubungan dengan buku, mengadakan penambahan koleksi buku, melakukan pendampingan bimbingan belajar, mengadakan bimbingan belajar (3) Faktor internal berasal dari lingkungan keluarga yaitu dorongan dan dukungan orangtua dan tersedianya buku. Sedangkan faktor eksternal berasal dari lingkungan luar yaitu ajakan dari teman-teman, adanya kerjasama dengan komunitas lain, dan pemberian motivasi dari relawan. Faktor penghambat meliputi rendahnya budaya membaca, kurangnya kesadaran orangtua akan pentingnya membaca, anak lebih memilih bermain gadget daripada membaca buku, dan kurangnya relawan (4) Implikasi program ahad literasi bagi anak-anak di desa bringin memberikan dampak positif bagi anak. Dibuktikan anak antusias untuk mengikuti kegiatan literasi sebelum kegiatan dimulai, mendapatkan pengalaman baru yang sebelumnya belum didapatkan di luar lingkungan sekolah, kebiasaan anak yang awalnya datang untuk bermain tetapi sekarang digunakan untuk membaca walaupun tidak semua anak, sebagian anak menginginkan buku baru karena buku lama telah dibaca semua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 06:46
Last Modified: 23 Nov 2021 06:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16695

Actions (login required)

View Item View Item