Analisis Bauran Pemasaran (Marketing Mix) pada Produk Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah dalam Meningkatkan Dana Ritel pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo

Romadlon, Mochammad Aziz Akbar (2021) Analisis Bauran Pemasaran (Marketing Mix) pada Produk Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah dalam Meningkatkan Dana Ritel pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210817177_Mochammad Aziz Akbar Romadlon_Perbankan Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Romadlon, Mochammad Aziz Akbar. Analisis Bauran Pemasaran (Marketing Mix) pada Produk Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah dalam Meningkatkan Dana Ritel pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo. 2021. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah, Dana Ritel
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya peminat produk Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah dibanding 3 tabungan lain yang ada di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo. Hal ini dikarenakan nasabah merasa keberatan untuk jumlah saldo awal sebesar Rp.100.000.000,00 padahal produk Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya akan mendapatkan hadiah yang bisa ditentukan langsung oleh nasabah diawal pembukaan rekening, bagi hasil yang tinggi hampir setara dengan deposito, fleksibel, aman dan nyaman. Dari permasalahan tersebut peneliti ingin menerapkan bauran pemasaran (marketing mix) secara maksimal untuk meningkatkan jumlah nasabah produk Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan model pengumpulan data wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran (marketing mix) produk Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah dalam meningkatkan dana ritel. Pada bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari 4P yaitu Product, Price, Place dan Promotion. Bauran pemasaran yang diterapkan Bank Muamalat yaitu dengan media online, brosur, bekerja sama dengan pihak eksternal program tabungan ib hijrah prima berhadiah. Dengan setoran awal Rp. 100.000.000,00. Dampak penerapan dari bauran pemasaran produk Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah dalam meningkatkan dana ritel membawa pengaruh yaitu produk pada Bank Muamalat menciptakan branding mudah diingat dan dimengerti, terkesan modern dan memiliki arti, penetapan harga terutama bagi nasabah yang tidak memiliki penghasilan yang tetap dan ingin menabung pada produk Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah karena menginginkan hadiahnya, menambah dana ritel tabungan setiap tahunnya bertambah mulai dari tahun 2019 sampai dengan 2021 mengalami peningkatan secara terus menerus dan berjalan dengan tepat dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 06:44
Last Modified: 23 Nov 2021 06:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16693

Actions (login required)

View Item View Item