(KEASLIAN TULISAN BELUM ADA)..Analisis Maqasid Syariah Terhadap Fatwa MUI Nomor 02 Tahun 2021 Tentang Produk Vaksin Covid-19 Dari Sinovac Life Sciences CO.LTD.China Dan PT. Bio Farma (Persero)

Putri, Livia Tristama (2021) (KEASLIAN TULISAN BELUM ADA)..Analisis Maqasid Syariah Terhadap Fatwa MUI Nomor 02 Tahun 2021 Tentang Produk Vaksin Covid-19 Dari Sinovac Life Sciences CO.LTD.China Dan PT. Bio Farma (Persero). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210217074_LiviaTristamaPutri_HukumEkonomiSyariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Putri, Livia Tristama 2021. Analisis Maqāṣid Al-Sharīʿah Terhadap Fatwa MUI Nomor 02 Tahun 2021 Tentang Produk Vaksin Covid-19 Dari Sinovac Life Sciences CO.LTD.China Dan PT. Bio Farma (Persero). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Hj. Atik Abidah, M.S.I.

Kata Kunci: Maqāṣid Al-Sharīʿah, Covid-19, Vaksin Covid-19, Fatwa Majelis Ulama Indonesia.

Fatwa MUI adalah fatwa yang dikeluarkan oleh ahli hukum Islam (fuqaha) yang dibentuk MUI tentang kedudukan hukum suatu masalah baru yang muncul dikalangan masyarakat. Salah satu fatwa mengenai sertifikasi halal adalah fatwa nomor 02 Tahun 2021 tentang Tentang Produk Vaksin Covid-19 dari Sinovac Life Sciences CO.LTD. China dan PT. Bio Farma (Persero). Vaksin Covid-19 merupakan bahan antigenetik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit, dalam hal ini penyakit yang disebabkan oleh virus corona. Isi daripada fatwa yakni terdapat tiga produk yang didaftarkan yaitu CoronaVac, Vaksin Covid-19, Vac2Bio, kemudian fatwa tersebut menyatakan bahwa vaksin hukumnya suci dan halal.
Rumusan masalah dalm penelitan ini adalah : bagaimana analisis masalah maqāṣid al-sharīʿah terhadap metode istinba>t hukum atas penetapan fatwa MUI Nomor 02 Tahun 2021 Tentang Produk Vaksin Covid-19 dari Sinovac Life Sciences CO.LTD. China dan PT. Bio Farma (Persero), dan bagaimana analisis maqāṣid al-sharīʿah terhadap isi fatwa MUI nomor 02 Tahun 2021 tentang produk vaksin covid-19 dari sinovac life sciences CO.LTD. China dan PT.Bio Farma (Persero).
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian kualitatif pustaka yaitu mengkaji atau menelusuri berbagai sumber tertulis yang berkaitan dnegan objek penelitian. Data-data yang dikumpulkan berasal dari kepustakaan, baik berupa buku, ensiklopedia, surat kabar, media online lainnya. Dan untuk mendapatkan data yang diperlukan berupa data teoritis, maka penulis dalam penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian normatif yaitu penelitian yang objek kajiannya meliputi norma atau kaidah dasar, asas-asas hukum, peraturan perundang-undangan, perbandingan hukum, doktrin, serta yurisprudensi.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulakan bahwa metode istinba>t hukum fatwa MUI Nomor 02 Tahun 2021 ini telas sesuai dengan kaidah dalam teori Maqāṣid Al-Sharīʿah yakni tujuan akhir hukum adalah mas}lah}ah atau kebaikan dan kesejahteraan umat manusia. Pedekatan manhaji merupakan proses istinba>t fatwa MUI dan didalamnya menjadikan maqāṣid al-sharīʿah sebagai dasar istinbat penetapan fatwa ini. Adapun analisis isi fatwa MUI Nomor 02 Tahun 2021 yang sesuai dengan Maqāṣid Al-Sharīʿah adalah perlindungan terhadap jiwa, akal, dan keturunan. MUI telah mempertimbangkan kemaslahatan menjadi tujuan akhir disyari’atkannya hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Atik Abidah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 06:43
Last Modified: 23 Nov 2021 06:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16691

Actions (login required)

View Item View Item