Tinjauan Fiqih Terhadap Pelaksanaan Pinjaman Program Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM-MP) Di Kecamatan Geger Kabupaten Madiun

Yani, Ngafifatul (2021) Tinjauan Fiqih Terhadap Pelaksanaan Pinjaman Program Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM-MP) Di Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210217007_NGAFIFATUL YANI_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
YANI, NGAFIFATUL, 2021. Tinjauan Fiqih Terhadap Pelaksanaan Pinjaman Program Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) Di Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Hj. Atik Abidah, M.S.I.
Kata Kunci: Qard{h, Akad, Penyelesaian Wanprestasi
Islam memberikan peluang kepada manusia untuk melakukan berbagai bentuk muamalah yang dibutuhkan dalam kehidupan mereka dengan syarat tidak keluar dari prinsip-prinsip yang ditentuka. Bentuk muamalah salah satunya yaitu utang piutang atau Qard{h. Qard{h suatu akad pemberian pinjaman dari seseorang atau lembaga keuangan syariah kepada orang lain atau nasabah yang dipergunakan untuk keperluan mendesak. Dalam praktik nya di PNPM Kecamatan Geger adanya perbedaan diawal akad dengan praktik dilapangannya yang menyebabkan terjadinya wanprestasi dalam pengembalian dana utang piutang tersebut.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan Fiqih terhadap akad dalam sistem peminjaman dana kelompok usaha di PNPM-MP Kecamatan Geger Kabupaten Madiun? (2) Bagaiaman tinjauan Fiqih terhadap penyelesaian wanprestasi yang dilakukan kelompok usaha masyarakat kepada PNPM-MP di Kecamatan Geger Kabupaten Madiun?
Dalam penelitian ini penulis menggunakan data lapangan, dengan menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Analisa yang yang digunakan adalah metode redukasi, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi.
Dari hasil penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwa: akad yang terjadi dalam praktik pinjam meminjam yang ada di PNPM-MP Kecamatan Geger Kabupaten Madiun sudah sesuai dengan tinjauan dalam fiqih, meskipun dalam praktiknya terdapat sekitar 40% anggota kelompok menyalahgunakan dananya yang seharusnya untuk kebutuhan produktif, justru dana itu digunakan untuk konsumtif, namun di PNPM Kecamatan Geger mayoritas 60% dari anggota kelompok dana pinjaman digunakan untuk kebutuhan produktif seperti halnya untuk penggarapan sawah dan tambahan modal dangang,hal ini berdasarkan perjanjian awal yang tertera dalam proposalnya. Adapun penyelesaian wanprestasi yang ada di PNPM-MP Kecamatan geger sudah sesuai dengan dengan Fiqih, karena diselesaikan secara kekeluargaan dan memberikan kelonggaran waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Atik Abidah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 06:41
Last Modified: 23 Nov 2021 06:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16689

Actions (login required)

View Item View Item