Strategi LAZISMU Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Melalui Program 1001 UMKM Kabupaten Magetan

Nazelia, Shalsadila (2021) Strategi LAZISMU Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Melalui Program 1001 UMKM Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211617032_SHALSADILA NAZELIA_MAZAWA-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Shalsadila, Nazelia. Strategi LAZISMU Dalam Pemeberdayaan Usaha Mikro Melalui Program 1001 UMKM Kabupaten Magetan. Skripsi. Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Nurma Fitrianna, M.S.M.
Kata Kunci: Strategi, Pemberdayaan.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya potensi yang besar dari dana zakat yang di dayagunakan dengan cara produktif dalam kehidupan masyarakat. Dana zakat tersebut berptensi memberikan dampak yang positif pada kehidupan jangka panjang mustahik, daripada dana zakat disalurkan dengan cara konsumtif,terutama dengan adanya program-program yang dibuat oleh LAZISMU dengan menggunakan cara yang tepat akan membantu mensejahterakan mustahik.
Tujuan utama penelitian ini adalah ntuk mendeskripsikan strategi program perberdayaan UMKM melaui program 1001 UMKM di LAZISMU kabupaten Magetan dan ntuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam penyaluran dana zakat melalui program 1001 UMKM LAZISMU kabupaten MagetanPenelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, tehnik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan tehnik dokumentasi
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwastrategi LAZISMU Kabupaten Magetan dalam mendayagunakan zakat produktif yaitu melalui program 1001 UMKM berupa penguat modal usaha seperti gerobak, juga dalam entuk suntikan dana. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program ini diantaranya kurangnya sumber daya manusia yang tersedia, minimnya dana zakat serta lemahnya strategi program sehingga kurang maksimal dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Dampak dari penyaluran program 1001 UMKM LAZISMU dalam mensejahterakan mustahik belum memberikan dampak yang maksimal, dikarenakan masih adanya mustahik yang belum mampu mengembangkan usahanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nurma Fitrianna
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 05:22
Last Modified: 23 Nov 2021 05:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16688

Actions (login required)

View Item View Item