strategi komunikasi pemasaran rumah bambu dalam meningkatkan jumlah konsumen di desa mojorejo kec. jetis kab. ponorogo

Fanka, Adirya (2021) strategi komunikasi pemasaran rumah bambu dalam meningkatkan jumlah konsumen di desa mojorejo kec. jetis kab. ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
211017046 skripsi adirya fanka kpi b 2017.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RUMAH BAMBU
DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN DI DESA
MOJOREJO KEC. JETIS KAB. PONOROGO
Oleh:
ADIRYA FANKA
Karang Taruna Desa Mojorejo Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo
Mendirikan Rumah Bambu karena kawasan mereka merupakan sentra tanaman
yang masuk jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas batangnya.
Koordinator gerakan sentra anyaman bambu Mojorejo, faktor kenapa berdirinya
rumah bambu dikarenakan banyak tanaman bambu di desa mereka yang dijual.
Dalam skripsi ini, peneliti menyajikan pembahasan meliputi: 1) strategi
komunikasi pemasaran dalam meningkatkan jumlah konsumen, 2) faktor
penghambat dan pendukung terhadap strategi komunikasi pemasaran. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui apa saja strategi komunikasi yang di gunakan
dalam pemasaran produk. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Dan menggunakan Integrated Marketing Communications (IMC) adalah konsep
perencanaan komunikasi pemsaran yang mengakui nilai tambah rencana
komperhensif yang mengkaji peran strategi dari masing-masing bentuk
komunikasi. Misalnya, iklan, direct response, promosi penjualan dan humas dan
memadukannya untuk memberi kejelasan, konsistensi, dan dampak komunikasi
maksimal melalui pengintegrasian pesan. Dan Strategi Pemasaran Perencanaan
komunikasi selain bisa di aplikasikan untuk pencitraan pribadi dan Lembaga, juga
bisa di gunakan untuk pencitraan pribadi dan produk. Tidak ada bedanya antara
pencitraan pibadi dan pencitraan produk. Atas dasar tersebut maka pemasaran
harus di Gerakan oleh empat elemen dasar yakni: a.) Produk b.) Tempat c.)Harga
d.)Promosi e.)Personal selling f.)Pameran. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa strategi komunikasi pemasaran yang digunakan adalah dengan cara 1.)
Strategi periklanan. 2.)Pemasaran langsung. 3). Faktor pendukung dari dalam
internal desa mojorejo ada dari pemerintahan desa dan kemasyarakatan, salah
satunya dalam pengembangannya dibantu BUMDES yang bisa meminjamkan
modal dalam usaha pengembangannya. Sedangkan penghambatnya ialah salam
kondisi pandemi saat ini tent dalam bidang pemasaran akan terdampak sepinya
penjualan Sementara Faktor penghambat adalah pandemi, pada saat ini dikondisi
pandemi banyak pengusaha UMKM terdampak, dalam penjualan yang sangat
besar pada umunya sekarang menurun drastis, Penjualan personal. Berdasarkan
data yang diperoleh peneliti di lapangan melalui observasi, pengamatan,
wawancara dan dokumentasi, cukup efektif sebagai strategi komunikasi
pemasaran dalam meningkatkan jumlah konsumen.
Kata kunci : Komunikasi Pemasaran, Strategi Komunikasi Pemasaran, Pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 05:20
Last Modified: 23 Nov 2021 05:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16687

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item