..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Implementasi Bauran Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Jumalah Nasabah Produk Pembiayaan KUR Supermikro Di BSI KCP Ponorogo Cokroaminoto

Setiawan, Awal (2021) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Implementasi Bauran Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Jumalah Nasabah Produk Pembiayaan KUR Supermikro Di BSI KCP Ponorogo Cokroaminoto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Setiawan, Awal. Implementasi Bauran Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan
Jumlah Nasabah Pada Produk Pembiayaan KUR Supermikro Di BSI KCP
Ponorogo Cokroaminoto. Skripsi. 2021. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas
Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo,
Pembimbing: Yulia Anggraini, M.M.
Kata Kunci: bauran pemasaran, KUR Supermikro, BSI KCP Ponorogo
Cokroaminoto
Dalam bidang jasa suatu perbankan dapat bertahan dalam persaingan karena
salah satunya adanya jumlah nasabah yang banyak. Oleh karena itu, untuk
meningkatkan jumlah nasabah, suatu bank dituntut untuk menentukan strategi
pemasaran yang tepat. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah strategi
bauran pemasaran, strategi tersebut mewakili untuk mengembangkan keuntungan
kompetitif dan rencana untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan demi
laba, return of investment, peningkatan laba penjualan, dan menguasai pasar.
Dilakukan menggunakan 7P yaitu, produk (product), harga (price), tempat (place),
promosi (promotion), orang (people), proses (process), dan bukti fisik (physical
evidence). Perkembangan jumlah nasabah KUR Supermikro di BSI KCP Ponorogo
Cokroaminoto masih rendah. Kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh BSI KCP
Ponorogo Cokroaminoto sudah maksimal akan tetapi jumlah nasabah yang
menggunakan produk KUR Supermikro masih minim.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan (field
research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara dan observasi.
Hasil penelitian ini adalah rendahnya minat masyarakat menggunakan produk
KUR Supermikro disebabkan oleh kurangnya pengetahuan masyarakat tentang
produk, masyarakat masih beranggapan bahwa akses pengusaha kecil ke perbankan
sulit dan masih terbiasa menggunakan bank konvensional dalam bertransaksi.
Pelaksanaan strategi promotion yang dilakukan oleh pihak bank hanya personal
selling sehingga strategi pemasaran yang lainnya kurang berjalan dengan maksimal,
sehingga bauran pemasaran yang dilakukan juga kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yulia Anggraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 05:15
Last Modified: 23 Nov 2021 05:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16685

Actions (login required)

View Item View Item