efektivitas penggunaan media film animasi untuk menyampaikan pesan dakwah pada anak (analisis film animasi nusa dan rara)

Wulansari, Indah (2021) efektivitas penggunaan media film animasi untuk menyampaikan pesan dakwah pada anak (analisis film animasi nusa dan rara). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOAD NEW.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sari, Indah Wulan. 2021. Efektivitas Penggunaan Media Film Animasi Untuk Menyampaikan Pesan Dakwah Pada Anak (Analisis Film Animasi Nussa dan Rara). Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. Anwar Mujahidin, M.A
Kata kunci: Efektivitas Komunikasi, Film Animasi, Pesan Dakwah.
Film sebagai media komunikasi memiliki peran yang cukup penting yaitu sebagai alat untuk menyalurkan pesan-pesan pada khalayak umum. Pesan tersebut dapat membawa dampak positif maupun negatif. Film animasi termasuk salah satu media audio visual yang bisa digunakan untuk menyampaikan suatu pesan dakwah. Salah satu film animasi dalam negeri yang di dalamnya terdapat pesan dakwah adalah film animasi Nussa dan Rara. Pada setiap episode nya mengandung nilai-nilai Islami, memberikan nasihat dan juga motivasi. Sehingga film animasi tidak hanya sebagai hiburan namun juga bisa untuk menambah wawasan.
Dari paparan tersebut dapat dirumuskan masalah antara lain: pertama, bagaimana bentuk-bentuk strategi penyampaian dakwah dalam film Animasi Nussa dan Rara. Kedua, bagaimana pemahaman anak-anak terhadap pesan dakwah yang disampaikan film animasi Nussa dan Rara. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan penelitian pada anak SD murid TPQ Miftahul Huda yang berada di Jl. Kawi No. 24, Hasanudin Nologaten Ponorogo, yang berjumlah 9 anak teridiri dari 2 anak kelas 2, 2 anak kelas 3, 1 anak kelas 4, 3 anak kelas 5 dan 1 anak kelas 6. Penelitian dilakukan dengan memberikan tayangan film kepada anak-anak. Film yang ditayangkan ada tiga episode, yakni episode belajar ikhlas, jangan bicara dan jangan boros.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama strategi penyampaian dakwah pada film animasi Nussa dan Rara itu terlihat dari dialog antara Nussa, Rara dan Umma. Kedua efektivitas penyampaian dakwah dengan menggunakan film animasi Nussa dan Rara dapat dilihat dari penampilan visualisasi animasi yang ditayangkan dan daya tampung atau IQ anak. Dari data yang diperoleh peneliti film animasi Nussa dan Rara tidak efektif pada anak kelas 2-4 SD karena mereka belum mampu memahami pesan yang disampaikan dan masih membutuhkan pertanyaan penghantar pemahaman, untuk memahaminya. Film Animasi Nussa dan Rara sudah efektif untuk anak SD kelas 5 dan 6, karena mereka mampu memahami pesan yang disampaikan tanpa adanya pertanyaan penghantar pemahaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anwar Mujahidin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 05:12
Last Modified: 23 Nov 2021 05:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16684

Actions (login required)

View Item View Item