Pengaruh Online Shop Skincare Pada Media Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi FUAD IAIN Ponorogo

Aghnata, Zona Rozzaqul Putri (2021) Pengaruh Online Shop Skincare Pada Media Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi FUAD IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E THESIS-2.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Zona Rozzaqul Putri Aghnata, 2021. Pengaruh Onine Shop Skicare Pada Mdia Instagram Terahada Perilaku Knsumtif Mahasiswi FUAD IAIN Ponorogo. Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Lia Amalia, M. Si.
Kata Kunci : Penggunaan Instagram, Perilaku Konsumtif
Toko online atau online shop merupakan fenomena baru di era globalisasi saat ini. Aktivitas berbelanja online atau online shopping menjadi gaya hidup baru bagi pengguna internet. Komunikasi terbuka yang sejajar, datar dan luas menimbulkan komunikasi tak terbatas antar pengguna internet. Sehingga pada akhirnya akan membuka peluang terjadinya proses transaksi jual beli. Perkembangan teknologi yang semakin pesat dapat memberikan dampak positif maupun negatif. Salah satu dampak negatif dari penggunan internet yaitu timbulnya perilaku konsumtif. Perilaku ini dapat terjadi karena pengguna menggunakan internet untuk mengakses situs jual beli online (online shop) atau melihat gaya seseorang secara berlebihan.
Berdasarkan latar belakang diatas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama, tingkat penggunaan instagram mahasiswi semester lima FUAD IAIN Ponorogo tahun 2021. Kedua, tingkat perilaku konsumtif mahasiswi semester lima FUAD IAIN Ponorogo tahun 2021. Ketiga, pengaruh penggunaan Online Shop Skincare Pada Media Instagram terhadap perilaku konsumtif mahasiswi semester lima FUAD IAIN Ponorogo tahun 2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi aktif Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah yang berjumlah 218 mahasiswi dan sampel yang digunakan adalah 50 responden yang memiliki akun instagram.
Hasil dari analisis data yang ditemukan menunjukkan bahwa: Pertama, tingkat penggunaan instagram mahasiswi FUAD tahun 2021 berada pada kategori sedang yaitu 39 responden dengan presentasi sebesar 78%. Kedua, tingkat perilaku konsumtif mahasiswi FUAD tahun 2021 berada pada kategori sedang yaitu 33 responden dengan presentasi sebesar 66%. Ketiga, ada pengaruh Online Shop Skincare Pada Media Instagram terhadap perilaku konsumtif dengan hasil Fhitung = 8,80 dan Ftabel yaitu 2,02. Maka dapat disimpulkan bahwa Fhitung Ftabel, sehingga Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 05:06
Last Modified: 23 Nov 2021 05:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16680

Actions (login required)

View Item View Item