..(RAPIKAN TATA LETAKNYA, HAPUS NOTE SEBELUM DIUBAH KE PDF, IKUTI PETUNJUK UPLOAD DI WEBSITE DAN UPLOAD ULANG)..STRATEGI WALI KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR JARAK JAUH SISWA MA MA’ARIF AL-MUKARROM KAUMAN

Agustin, Nanila ..(RAPIKAN TATA LETAKNYA, HAPUS NOTE SEBELUM DIUBAH KE PDF, IKUTI PETUNJUK UPLOAD DI WEBSITE DAN UPLOAD ULANG)..STRATEGI WALI KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR JARAK JAUH SISWA MA MA’ARIF AL-MUKARROM KAUMAN. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
210317092 Nanila Agustin Skripsi Dummy..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Agustin, Nanila. 2021. Strategi Wali Kelas Dalam
Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar
Jarak Jauh Siswa MA Ma’arif Al-Mukarrom
Kauman , Skripsi. Jurusan Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo, Pembimbing Arif Rahman Hakim,
M.Pd
Kata Kunci : Strategi, Motivasi dan Minat,
Belajar Jarak Jauh.
Virus covid-19 mengubah sistem pendidikan
yang ada di Indonesia. Pendidikan yang semula
kegiatan pembelajaran dilakukan secara tatap muka,
kini harus dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh.
Dalam masa pandemi covid ini, wali kelas MA
Ma’arif Al-Mukarrom Kauman melakukan inovasi
baru untuk meningkatkan motivasi dan minat siswa
dalam kegiatan belajar jarak jauh dengan
memanfaatkan teknologi.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan:
(1) Langkah-langkah wali kelas dalam meningkatkan
motivasi belajar jarak jauh MA Ma’arif Al-
Mukarrom Kauman (2) Langkah-langkah wali kelas
dalam meningkatkan minat belajar jarak jauh MA
Ma’arif Al-Mukarrom Kauman (3) Kendala-kendala
yang yang dihadapi wali kelas dalam
meningkatkan motivasi dan minat belajar jarak jauh
MA Ma’arif Al-Mukarrom Kauman.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Mengenai teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan konsep Miles Huberman
dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Tahapan-tahapan dalam
penelitian berupa tahap pra lapangan, tahap pekerjaan
lapangan, serta tahap analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
Langkah-langkah wali kelas dalam meingkatkan
motivasi belajar jarak jauh yaitu memahami peserta
didik, pemberian nasihat, dan pemberian tugas
sebagai daya saing. (2) Langkah-langkah wali kelas
dalam meningkatkan minat belajar jarak jauh yaitu
melakukan tanya jawab agar siswa terbiasa belajar
sebelum pelajaran dimulai, pemilikan media dan
metode yang tepat dengan situasi saat ini, kreativitas
guru dan suasana belajar yang menyenangkan. (3)
Kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan
pembelajaran jarak jauh ialah kesulitan dalam hal
menyampaikan materi kepada siswa, penggunaan
jaringan internet, kurangnya pemahaman guru
terhadap tools internet, keterbatasan waktu dalam
mengajar, pengalaman mengajar guru, belum siap
menghadapi perubahan situasi yang biasanya
dilakukan tatap muka sekarang pembelajaran dengan
daring atau jarak jauh.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Thesis Supervisor: ARIF RAHMAN HAKIM, M.Pd
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 04:35
Last Modified: 23 Nov 2021 04:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16677

Actions (login required)

View Item View Item