Pesan Moral Dalam Film Keluarga Cemara (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Munayaroh, Munayaroh (2021) Pesan Moral Dalam Film Keluarga Cemara (Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E-tesis munayaroh.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Munayaroh.2021. Pesan Moral Dalam Film Keluarga Cemara (analisis semiotika roland barthes) skripsi. Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Galih Akbar Prabowo, M.A.

Kata kunci :Film, Pesan Moral dan Semiotika Roland Barthes.

Film merupakan sebuah karya yang memiliki berbagai hubungan erat dengan kehidupan manusia yang menggambarkan dan menghubungkan dua aspek kehidupan dari masa lalu hingga yang dialami masa sekarang dan juga mampu menggabungkan dua panca indra manusia yaitu penglihatan dengan pendengaran, serta film juga bisa memberikan banyak pesan terhadap penontonnya. Salah satunya adalah pesan moral yang terkandung dalam suatu film yang dianalisis dengan menggunakaan Semiotika Roland Barthes. Sama halnya dengan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Dalam film ini peneliti menemukan Pesan Moral Dalam Film Keluarga Cemara. Dapat melalui beberapa masalah yang terkait yaitu :Makna denotasi, konotasi dan mitos.

Tujuan penulisan ini adalah (1)Bagaimana Makna denotasi, konotasi serta mitos dalam film keluarga cemara. (2) Bagaimana pesan moral yang terkandung dalam film keluarga cemara yang mana dianalisis dengan menggunakan semiotika roland barthes.

Dari tujuan yang ditulis berhasil ditemukan pesan moral dengan menggunakan 3 metode analisis (1) Makna denotasi dalam film ini menggambarkan kisah keluarga dengan segala probematika kehidupannya. Makna konotasi dalam film ini adalah tidak selamanya harta menjamin kebahagian dalam kehidupan suatukeluarga karena harta yang paling berharga dalam hidup adalah keluarga. Makna mitos dalam film ini adalah tidak ada masalah jika tidak ada jalan keluarnya dan kebahagiaan tidak bisa dibeli dengan seberapa banyak harta yang dimiliki tetapi dengan seberapa besar seseorang bisa mensyukuri nikmat yang diberi. (2) Pesan moral yang terkandung dalam film keluarga cemara ini adalah pesan moral keluarga yang mana tugas orang tua adalah mendidik anak-anaknya untuk menjadi pribadi yang lebih baik serta tugas seorang anak yaitu mencintai kedua orang tuanya dengan sepenuh hati. pesan moral pribadi adalah suatu hal yang paling dekat dengan diri dan bagaimana seseorang mampu memahami apa yang ada dalam dirinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Galih Akbar Prabowo
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 04:39
Last Modified: 23 Nov 2021 04:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16674

Actions (login required)

View Item View Item