Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Produksi dan Pemasaran Usaha Pentol Mercon Maknyus Jalan Suromenggolo

hidayat, aris (2021) Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Produksi dan Pemasaran Usaha Pentol Mercon Maknyus Jalan Suromenggolo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210716190_ARIS HIDAYAT_EKONOMI SYARIAH..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Hidayat. Aris, Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Produksi dan Pemasaran Usaha Pentol Mercon Maknyus Jalan Suromenggolo. 2021. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Said Abadi, Lc., M.A.
Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Produksi, Pemasaran.
Usaha Pentol Mercon Maknyus adalah usaha kuliner jenis jajanan pentol yang banyak diminati banyak konsumen di jalan Suromenggolo. Banyak pelaku bisnis jenis usaha tersebut melakukan tindakan-tindakan yang melanggar etika bisnis Islam dalam produksi maupun pemasaran, diantaranya dalam produksi, pelaku bisnis mencampurkan bahan-bahan yang tidak layak atau haram dikonsumsi manusia seperti menggunakan campuran daging babi, daging tikus, ayam tiren dan yang lainnya. Sedangkan dalam distribusinya pelaku bisnis melakukan tindakan penipuan, suap, tipu daya, dan lain-lain. Hal tersebut dilakukan oleh pelaku usaha tidak lain ialah untuk meraup keuntungan yang lebih. Padahal dibalik tindakan tersebut banyak pihak yang dirugikan salah satunya konsumen.
Penelitian ini bertujuan bagaimana Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Produksi dan Pemasaran Usaha Pentol Mercon Maknyus Jalan Suromenggolo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan, data yang dikumpulkan melalui wawancara, dan observasi. Metode analisis penelitian ini adalah diskriptive kualitatif yaitu menganalisis Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Produksi dan Pemasaran Usaha Pentol Mercon Maknyus Jalan Suromenggolo.
Hasil penelitian menunjukkan produksi dan distribusi usaha Pentol Mercon Maknyus telah sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Pemilik usaha menggunakan bahan baku yang baik dan halal untuk dikonsumsi. Dan dalam distribusinya pemilik usaha menekankan karyawannya agar melanyani konsumen dengan sebaik-baiknya. Dan tidak ditemukan pada usaha tersebut prinsip-prinsip yang telah menyalahi aturan bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: said abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 04:31
Last Modified: 23 Nov 2021 04:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16671

Actions (login required)

View Item View Item