pengaruh media sosial dan minat belajar akidah akhlak terhadap hasil belajar siswa kelas ix mts miftahul ulum ngraket balong tahun pelajaran 2020/2021

Wahidah, Ana Fazila (2021) pengaruh media sosial dan minat belajar akidah akhlak terhadap hasil belajar siswa kelas ix mts miftahul ulum ngraket balong tahun pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317140_ANA FAZILA WAHIIDAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wahidah, Ana Fazila, 2021. Pengaruh Media Sosial dan Minat Belajar Akidah Akhlak Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX MTs Miftahul Ulum Ngraket Balong Tahun 2020/2021. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Ayunda Riska Puspita, MA
Kata Kunci : Media Sosial, Minat Belajar Akidah Akhlak, Hasil Belajar Siswa
Hasil belajar adalah terjadinya perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang dapat diamati dan diukur dalam bentuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Perubahan tersebut dapat diartikan sebagai terjadinya peningkatan dan pengembangan yang lebih baik dari sebelumnya dan yang tidak tahu menjadi tahu. Namun kenyataan pada masa sekarang banyak orang yang kurang melakukan peningkatan dan pengembangan terhadap hasil belajar. Di MTs Miftahul Ulum Ngraket Balong sebagian besar siswanya mengalami penurun nilai, yang mana sebagian dari mereka masih mendapatkan nilai di bawah KKM. Berdasarkan wawancara dengan guru Akidah Akhlak siswa mengalami penurunan hasil beajar sebesar 20%. Adapun faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah media sosial dan minat belajar. Media sosial merupakan salah satu faktor eksternal dan minat belajar merupakan faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Permasalahan tentang hasil belajar merupakan salah satu hal yang penting untuk selesaikan, karena jika tidak maka tujuan dari pendidikan tidak akan tercapai.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui signifikansi pengaruh media sosial terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTs Miftahul Ulum Ngraket Balong; (2) mengetahui signifikansi pengaruh minat belajar Akidah Akhlak terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTs Miftahul Ulum Ngraket Balong; (3) mengetahui signifikansi pengaruh media sosial dan minat belajar Akidah Akhlak terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTs Miftahul Ulum Ngraket Balong. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini dirancang menggunakan metodologi penelitian dengan pendekatan kuantitatif, yang datanya berupa angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IX MTs Miftahul Ulum Ngraket Balong, yaitu berjumlah 75 siswa. Adapun sampel yang diambil oleh peneliti adalah 75 responden, jadi semua siswa dijadikan sebagai sampel. Instrumen pengumpulan data yaitu menggunakan angket dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data diperoleh, bahwa (1) media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTs Miftahul Ulum Ngraket Balong, dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 38%. (2) minat belajar Akidah Akhlak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTs Miftahul Ulum Ngraket Balong, dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 33,8%. (3) media sosial dan minat belajar Akidah Akhlak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTs Miftahul Ulum Ngraket Balong, dengan koefisien determinasi (R2) 44,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media sosial dan minat belajar Akidah Akhlak terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTs Miftahul Ulum Ngraket Balong tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 04:23
Last Modified: 23 Nov 2021 04:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16667

Actions (login required)

View Item View Item