Pengaruh Penggunaan Gadget Sebagai Media Pembelajaran Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas IX Di MTsN 06 Madiun Tahun Ajaran 2020/2021

Masrurroh, Nur Kholifahtul (2021) Pengaruh Penggunaan Gadget Sebagai Media Pembelajaran Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas IX Di MTsN 06 Madiun Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317049 NUR KHOLIFAHTUL MASRURROH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masrurroh, Nur Kholifahtul. 2021. Pengaruh Penggunaan Gadget sebagai Media Pembelajaran dan Motivasi terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas IX di MTSN 06 Madiun Tahun ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Kata Kunci: Gadget sebagai media pembelajaran, Motivasi belajar, Hasil belajar.
Adanya pandemi covid-19 memaksa siswa di MTsN 06 Madiun untuk beradaptasi. Hal ini membuat hasil belajarnya menurun, terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil belajar siswa menurun di buktikan dengan nilai-nilai yang ada di raport siswa, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, terdiri dari faktor eksternal maupun faktor internal. Faktor eksternal adalah segala faktor yang timbul dari luar diri peserta didik seperti keluarga, sekolah dan masyarakat, salah satu faktor tersebut adalah penggunaan gadget sebagai media pembelajaran. Sedangkan Faktor internal adalah faktor yang bersumber dari diri peserta didik, salah satu faktor tersebut adalah motivasi belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1)mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan gadget sebagi media pembelajaran terhadap hasil belajar PAI siswa kelas IX di MTsN 06 Madiun; (2) mengetahui signifikansi pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar PAI siswa kelas IX di MTsN 06 Madiun; (3)mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan gadget sebagai media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PAI siswa kelas IX di MTsN 06 Madiun. Menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yang datanya berupa angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IX di MTsN 06 Madiun, yaitu sejumlah 218 anak. Adapun untuk menentukan jumlah sampel peneliti melihat pada tabel morgan dan krecjie. Jadi. sesuai jumlah populasi tersebut peneliti mengambil jumlah sampel 140 siswa. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket dan dokumentasi.
Berdasarkan dari analisis data ditemukan bahwa: (1) penggunaan gadget sebagai media pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa kelas IX di MTsN 06 Madiun, dengan prosentase pengaruh sebesar 60%;(2) motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa kelas IX di MTsN 06 Madiun, dengan prosentase pengaruh sebesar 42,2%; (3) Penggunaan gadget sebagai media pembelajaran dan Motivasibelajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa kelas IX di MTsN 06 Madiun, dengan prosentase pengaruh sebesar 60,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 02:54
Last Modified: 23 Nov 2021 02:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16661

Actions (login required)

View Item View Item