Persesi Santri Terhadap Bank Syariah (Di Pondok Pesantren Thoriqul Huda Desa Cekok, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo)

Priono, Joko (2021) Persesi Santri Terhadap Bank Syariah (Di Pondok Pesantren Thoriqul Huda Desa Cekok, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817100_Joko Priono_Perbankan Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Santri pesantren adalah seseorang yang dikenal memiliki tingkat kualitas keagamaan yang baik dan taat beragama. Secara tidak langsung santri pesantren Thoriqul Huda Ponorogo memiliki pemahaman dasar tentang bank Syariah, yang dapat mendorong minat mereka untuk mejadi nasabah di bank Syariah. Akan tetapi, realitanya minat pengelola pesantren Thoriqul Huda Ponorogo terhadap bank Syariah dirasa masih kurang. Santri pesantren lebih memilih bertransaksi menggunakan produk/jasa dari bank konvensional dalam kegiatan sehari-hari. Dengan segala pemahamannya, santri pesantren Thoriqul Huda Ponorogo menyatakan beberapa alasan terkait dengan faktor yang menyebabkan rendahnya minat mereka untuk menjadi nasabah di bank Syariah diantaranya adalah faktor pemahaman, lokasi, promosi, pendapatan, fasilitas, dan religiusitas. Rumusan masalah pada kasus ini adalah bagaimana persepsi santri Pesantren Thoriqul Huda Ponorogo terhadap bank Syariah. Apa saja faktor yang menyebabkan rendahnya persepsi santri pesantren Thoriqul Huda Ponorogo untuk menjadi nasabah di bank Syariah.
Adapun penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan data yang didapat dari santri pesantren Thoriqul Huda Ponorogo dengan menggunakan metode triangulasi sumber, dengan menggabungkan pengumpulan data dengan teknik observasi dan wawancara serta kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data di lapangan model Miles and Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pesepsi santri pesantren Thoriqul Huda Ponorogo pada bank Syariah adalah rendah. Rendahnya persepsi santri pesantren disebabkan oleh kurangnya pengetahuan santri pesantren Thoriqul Huda Ponorogo tentang bank syariah, jarak lokasi bank syariah yang cukup jauh dari tempat tinggal santri pesantren, promosi yang belum dilakukan oleh bank Syariah kepada santri pesantren, pendapatan yang masih kurang cukup untuk ditabung, minimnya fasilitas dari bank Syariah terkhusus ATM yang berada disekitar pesantren, serta kurangnya pengetahuan tentang sistem dari penghindaran riba pada bank syariah. Sehingga pihak bank Syariah harus mensosialisasikan bank Syariah, memperbanyak unit serta fasilitas dari bank Syariah agar santri pesantren Thoriqul Huda Ponorogo tinggi persepsinya terhadap bank Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansur Aziz
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 02:52
Last Modified: 23 Nov 2021 02:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16659

Actions (login required)

View Item View Item