..(SCAN FULL SATU LEMBAR DENGAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...PERAN PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SANTRI (Studi di Pondok Pesantren Hudatul Muna Jenes Ponorogo)

Qosim, Achmad (2021) ..(SCAN FULL SATU LEMBAR DENGAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...PERAN PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SANTRI (Studi di Pondok Pesantren Hudatul Muna Jenes Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210716051_ACHMAD QOSIM_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Qosim, Achmad. Peran Pesantren dalam Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan Santri (Studi di Pondok Pesantren Hudatul Muna Jenes Ponorogo). Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Muchtim Humaidi, S.H.I., M.IRKH.
Kata Kunci: Pondok pesantren, kewirausahaan, manajemen.

Pondok pesantren sebagai salah satu pendidikan tertua di Indonesia memiliki peranan penting dalam mendidik dan mengembangkan jiwa kewirausahaan santri. Selain belajar tentang agama santri seharusnya belajar tentang kewirausahaan guna menjadi bekal kelak ketika sudah lulus dari pondok dan hidup berdampingan dengan masyarakat. Di Pondok Pesantren Hudatul Muna sudah menerapkan pembelajaran tentang kewirausahaan kepada para santri dengan cara mengikutsertakan para santri dalam pengelolaan usaha-usaha yang dimiliki pondok. Akan tetapi dalam pembelajaran kewirausahaan kepada para santri, pondok Pesantren Hudatul Muna lebih intens pada pendidikan fisik, sementara yang lain seperti pelajaran tentang pemikiran nilai-nilai kewirausahaan, perasaan yang diisi oleh pengalaman berwirausaha dan keterampilan masih belum mendapatkan porsi yang cukup. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana usaha pondok pesantren Hudatul Muna dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan santri dan bagaimana penerapannya melalui unit usaha pondok.
Proses penelitian ini Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research), teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini bersifat induktif.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa santri yang ada di pondok pesantren Hudatul Muna Ponorogo memiliki bakat dan keterampilan yang beragam. Dan pondok pesantren Hudatul Muna Ponorogo juga memiliki banyak unit usaha-usaha yang mana dalam pengelolaannya juga melibatkan para santri. Adapun manajemen pengelolaan usaha tersebut masih belum terkonsep dengan baik dan menjadikan kurang optimalnya pesantren dalam melatih mental maupun mengembangkan kewirausahaan santri. Hal tersebut ditandai dengan santri disana hanya sebatas membantu-bantu pekerjaan kiai saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 02:11
Last Modified: 23 Nov 2021 02:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16654

Actions (login required)

View Item View Item