..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN DENGAN STEMPEL DAN LEMBAR KEASLIAN TULISAN DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)...ANALISIS SIYASAH MALIYAH TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN NEGARA DARI SEKTOR CUKAI PADA TAHUN 2018

Pratomo, Muhammad Arif (2021) ..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN DENGAN STEMPEL DAN LEMBAR KEASLIAN TULISAN DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)...ANALISIS SIYASAH MALIYAH TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN NEGARA DARI SEKTOR CUKAI PADA TAHUN 2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210215041_MUHAMMAD ARIF PRATOMO_HES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pratomo, Muhammad Arif, 2021, Analisis Sīyasāh Māliyāh Terhadap Pengelolaan Keuangan Negara Dari Sektor Cukai Tahun 2018. Skripsi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syari’ah dan Hukum Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Hj. Atik Abidah, M.S.I.
Kata Kunci/keyword: Sīyasāh Māliyāh, Keuangan Negara, Cukai Tahun 2018.
Persamaan visi—mewujudkan kesejahteraan rakyat—dalam bidang pengelolaan keuangan negara antara fikih Sīyasāh Māliyāh dan Pemerintah Indonesia adalah suatu cita-cita yang mulia. Namun, persamaan visi belum tentu melahirkan persamaan pada wilayah praktis. Kondisi sosio-kultur, melahirkan perbedaan pada wilayah praktis yang kemudian menjadi ciri dari masing-masing; pengelolaan keuangan negara ala fikih Sīyasāh Māliyāh, dan model pengelolaan ala Pemerintah Indonesia. Sebagai sebuah kajian politik Sīyasāh Māliyāh dapat digunakan sebagai perbandingan kebijakan bagi Pemerintah Indonesia pada saat ini. Begitu pun sebaliknya kebijakan pengelolaan keuangan Pemerintah Indonesia yang berasal dari kajian yang dilakukan secara kontinyu bisa menjadi bahan pertimbangan dalam pengembangan fikih siyah maliyah ke depannya. Berangkat dari latar belakang tersebut penulis mencoba melakukan kajian kebijakan pengelolaan keuangan negara, dan sebagai objeknya adalah sektor cukai pada tahun 2018.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana analisis Sīyasāh Māliyāh terhadap objek-objek pajak terkena cukai di Indonesia? (2) Bagaimana analisis Sīyasāh Māliyāh terhadap pengelolaan keuangan negara dari sektor cukai tahun 2018?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis adalah Penelitian kepustakaan (library research) dimana penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan), baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian dari penelitian terdahulu. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini adalah deskripstif-kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variable yang berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah dan lain sebagainya.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan Pengeluaran dalam sistem Sīyasāh Māliyāh mengacu pada darimana dana berasal, berbeda halnya dengan sistem yang diterapkan pemerintah Indonesia terkait penggunaan APBN yang beracuan pada naik turunnya belanja kementrian lembaga maupun, non-kementrian lembaga. Dalam sistem Islam kebijakan pengelolaan keuangan negara cenderung tersentralisasi, sedangkan dalam sistem yang digunakan Pemerintah Indonesia cenderung otonom.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Atik Abidah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 02:01
Last Modified: 23 Nov 2021 02:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16639

Actions (login required)

View Item View Item