Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bank BRI Syariah KC. Madiun

Susiowati, Lia Anis (2021) Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bank BRI Syariah KC. Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817225_Lia Anis Susiowati_Perbankan Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Susiowati, Lia Anis. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah Di BRI Syariah KC Madiun. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, FEBI, IAIN PONOROGO. Program Sarjana S-1. Pembimbing Muhtadin Amri, M.S. Ak
Kata Kunci: individu, kinerja, kebutuhan dan harapan nasabah
Kepuasan nasabah adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan kinerja yang dipersepsikan produk atau hasil terhadap ekspektasi mereka. kepuasan nasabah dipengaruhi oleh berbagai faktor, yaitu kualitas layanan, kualitas produk). Harga faktor situasi), dan faktor pribadi Sedangkan Helgesen & Naseet menyatakan kepuasan dan loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh citra perusahaan. Kualitas produk yaitu, produk dikatakan berkualitas apabila sesuai dengan yang dibutuhkan oleh nasabah. Sedangkan kualitas layanan adalah perbandingan layanan antara kenyataan dan harapan nasabah. Citra perusahaan merupakan persepsi customer terhadap produk yang ditawarkan. Citra (perusahaan) dalam literatur pemasaran jasa diidentifikasi sebagai faktor penting dalam evaluasi keseluruhan jasa perusahaan. Namun teori tersebut bertentangan dengan kenyataan yang ada, dimana hasil wawancara dengan nasabah mengatakan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan dan citra perusahaan masih kurang atau belum sesuai dengan harapannya namun nasabah tetap merasa puas dan tetap setia dengan BRI Syariah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pada BRIS KC Madiun?, (2) Apakah kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pada BRIS KC Madiun?, (3) Apakah citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pada BRIS KC Madiun?, (4) Apakah kualitas produk, kualitas layanan dan citra perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pada BRIS KC Madiun? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier ganda.
Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pada BRI Syariah Madiun. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai sig untuk variabel kualitas produk sebesar 0,000 < 0,05 (sig < α=5%). Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pada BRI Syariah Madiun. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai sig untuk variabel kualitas produk sebesar 0,001 < 0,05 (sig < α=5%).Citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pada BRI Syariah Madiun. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai sig untuk variabel kualitas produk sebesar 0,002 < 0,05 (sig < α=5%).Kualitas produk, kualitas layanan dan citra perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah BRI Syariah Madiun. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji f yang memperoleh nilai sig untuk variabel kualitas produk, kualitas layanan dan citra perusahaan sebesar 0,000 < 0,05 (sig < α=5%)

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtadin Amri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 01:49
Last Modified: 23 Nov 2021 01:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16621

Actions (login required)

View Item View Item