...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Studi Komparasi Fatwa DSN MUI No 26/DSN.MUI/III/2002 dan AAOIFI (Accounting and Auditing Organization For Islamic Financial Inatitution) Tentang Gadai Emas

Aprillia, Tinzi (2021) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Studi Komparasi Fatwa DSN MUI No 26/DSN.MUI/III/2002 dan AAOIFI (Accounting and Auditing Organization For Islamic Financial Inatitution) Tentang Gadai Emas. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Tinnziii.pdf

Download (934kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Aprillia, Tinzi Crismonica. 2021. Studi Komparasi Fatwa DSN MUI No 26/DSN.MUI/III/2002 dan AAOIFI (Accounting and Auditing Organization For Islamic Financial Inatitution) Tentang Gadai Emas
Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Atik Abidah, M.S.I.
Kata Kunci: Gadai Emas, Fatwa DSN MUI, Fatwa AAOIFI
Fatwa DSN adalah fatwa yang dikeluarkan oleh Dewan yang dibentuk oleeh MUI untuk menangani masalah yang berhubungan dengan aktivitas lembaga keuangan syariah, sedangkan fatwa AAOIFI dibentuk dan dikeluarkan oleh anggota AAOIFI itu sendiri yang berasal dari berbagai negara. Gadai Emas telah secara rinci disebutkan dalam Q.S Al-Baqarah:283. Fatwa DSN MUI dan Fatwa AAOIFI telah mengkaji perihal gadai emas yang mana kedua fatwa tersebut terdapat perbedaan fatwa. Adapun dalam fatwa dari AAOIFI yang pada pasal mengenai gadai melarang terjadinya penggabungan akad antara ijara>h dan qard} dalam satu transaksi.
Adapun penelitian kepustakaan ini untuk menjawab rumusan masalah: pertama, bagaimana analisis komparasi Fatwa DSN No.26/DSN.MUI/III/2002 dan Accounting and Auditing Organizations for Islamic Financial Institution (AAOIFI) tentang Akad Gadai Emas?. Kedua bagaimana analisis komparasi Fatwa DSN No.26/DSN.MUI/III/2002 dan Accounting and Auditing Organizations for Islamic Financial Institution (AAOIFI) tentang istinba>th dalam akad Gadai Emas?
Jenis penelitian yang dilakukan penulis adalah penelitian kepustakaan, dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis), yaitu menelaah secara sistematis atas catatan-catatan sebagai sumber data. Metode ini digunakan untuk menganalisis fatwa DSN MUI dan fatwa AAOIFI tentang gadai emas serta membandingkan fatwa keduanya.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Fatwa DSN MUI No. 26/DSN.MUI/III/2002 dan Fatwa AAOIFI memiliki perbedaan dan persamaan yang terletak pada akad antara keduanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Atik Abidah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 01:50
Last Modified: 23 Nov 2021 01:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16620

Actions (login required)

View Item View Item