..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, LENGKAPI MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di MAN 3 Magetan

Safitri, Ratih Eka (2021) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, LENGKAPI MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di MAN 3 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210317139_RATIH EKA SAFITRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ratih Eka Safitri. 2021. Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di MAN 3 Magetan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I
Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring, Al-Qur’an Hadist
Kesulitan belajar ialah suatu permasalahan yang sangat kompleks. Bahkan bukan masalah baru bagi semua orang yang berada dalam dunia pendidikan. Tidak sedikit siswa yang mengalami masalah kesulitan belajar. Apalagi dalam keadaan yang berbeda pada biasanya. Mulanya belajar dibimbing langsung oleh guru di dalam kelas secara langsung, namun pada masa pandemi sekarang suasana yang tidak mendukung untuk dilakukan belajar secara langsung mengakibatkan pembelajaran harus dilakukan secara daring.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1). Bagaimana kesulitan belajar pada siswa pembelajaran daring pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. 2).Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran daring siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadist di MAN 3 Magetan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ditemukan: 1) Kesulitan belajar siswa pada pembelajaran daring mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 3 Magetan yaitu, adanya beberapa siswa yang tidak semangat dan niat untuk mengikuti pembelajaran, beberapa siswa terkendala dengan jaringan internet, kurangnya pemahaman materi dari beberapa siswa, masih ada beberapa siswa yang kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an dan Hadits, 2) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa di MAN 3 Magetan yaitu, memberikan motivasi kepada siswa, memfasilitasi wifi yang ada di MAN 3 Magetan, adanya bimbingan dan pelatihan dari guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 01:52
Last Modified: 23 Nov 2021 01:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16619

Actions (login required)

View Item View Item