Pengaruh Promosi Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Pada BSI KCP Ponorogo Dengan pengetahuan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Masyarakat Desa Kauman)

Faroqi, Bastomi Nur (2021) Pengaruh Promosi Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Pada BSI KCP Ponorogo Dengan pengetahuan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Masyarakat Desa Kauman). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210817209_Bastomi Nur Faroqi_Perbankan Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Faroqi, Bastomi Nur. Pengaruh Promosi dan Lingkungan sosial terhadap Minat menabung pada BSI KCP Ponorogo Cokroaminoto dengan Pengetahuan sebagai variabel intervening (Studi kasus masyarakat desa Kauman). Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ajeng Wahyuni, M.Pd
Kata Kunci: Promosi, Lingkungan Sosial, Pengetahuan, Minat.
Penelitian ini dilakukan pada masyarakat desa Kauman, Ponorogo yang dilatar belakangi adanya ketidaksesuaian antara teori dengan data yang terjadi. Dimana promosi, lingkungan sosial dan pengetahuan sudah baik. Tetapi pada kenyataannya minat menabung mereka masih rendah. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan lingkungan sosial terhadap minat menabung pada BSI KCP Ponorogo Cokroaminoto dengan pengetahuan sebagai variabel intervening.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pengujian asumsi klasik, uji analisis regresi linier sederhana, uji analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan analisis jalur.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Secara parsial variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menabung, dengan nilai Uji T signifikan yaitu 0,258>0,05. Sedangkan lingkungan sosial dan pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung dengan nilai Uji T signifikan yaitu 0,030<0,05 dan 0,000<0,05. 2) Secara parsial variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan dengan nilai Uji T signifikan yaitu 0,000<0,05 Sedangkan lingkungan sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan dengan nilai Uji tsignifikan yaitu 0,957>0,05. 3) Secara simultan variabel promosi, lingkungan sosial, dan pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung dengan nilai Uji F signifikan yaitu 0,000<0,05. 4) Secara simultan variabel lingkungan sosial dan pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan dengan nilai Uji F signifikan yaitu 0,000<0,05. 5) pengetahuan mampu memediasi hubungan antara promosi terhadap minat karena hubungan langsung lebih kecil dari hubungan tidak langsung yaitu sebesar 0,155<0,16702. 6) pengetahuan tidak mampu memediasi hubungan antara lingkungan sosial terhadap minat karena hubungan langsung lebih besar dari hubungan tidak langsung yaitu sebesar 0,199 > 0,00186.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ajeng Wahyuni
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 01:44
Last Modified: 23 Nov 2021 01:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16615

Actions (login required)

View Item View Item