...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...PERANAN GURU PAI DALAM INTERNALISASI KARAKTER DAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI SMA BAKTI PONOROGO

Al Mughniy, Rofi (2021) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...PERANAN GURU PAI DALAM INTERNALISASI KARAKTER DAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI SMA BAKTI PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317301_ROFI AL MUGHNIY_SKRIPSI DUMMY.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Al Mughniy, Rofi. 2021. Peranan Guru PAI Dalam Internalisasi Karakter dan Minat Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif di SMA Bakti Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Arif Wibowo, M. Pd.I.
Kata Kunci : Peranan, Guru PAI, Karakter, Minat Belajar, dan Model Pembelajaran
Dalam pendidikan di SMA Bakti Ponorogo terutama mata pelajaran PAI tidak berjalan dengan maksimal karena mengalami masalah yang cukup krusial yaitu tentang karakter dari siswa-siswinya seperti ketika guru mengajar didalam kelas ada beberapa siswa-siswi yang apatis saat guru tersebut menjelaskan tentang materi belajarnya, tidur saat jam pelajaran berlangsung dikelas, kurangnya rasa menghormati pendidik di dalam kelas pada saat jam pelajaran berlangsung dan keluar masuk kelas tanpa meminta izin. Hal itu dikrenakan minat belajar siswa yang rendah sehingga siswa kurang bergairah dalam proses belajar dikelas.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui peran guru PAI dalam internalisasi karakter dan minat belajar siswa di SMA Bakti Ponorogo. (2) Mengetahui peran guru PAI dalam internalisasi minat belajar melalui model pembelajaran di SMA Bakti Ponorogo.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) Peran guru PAI dalam internalisasi karakter dan minat belajar siswa di SMA Bakti Ponorogo meliputi Pengelolaan Kelas, seperti berdoa bersama dan pengaturan tempat duduk secara acak. Inspirator, guru harus menjadi tauladan yang baik. Motivator, siswa mempunyai sifat yang berkarakter komunikatif, disiplin, dan tanggung jawab. (2) Model pembelajaran dalam internalisasi minat belajar di SMA Bakti Ponorogo, model pembelajaran kooperatif mempunyai dampak seperti melatih siswa untuk bisa kerja sama antara siswa dengan siswa lain saat proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 01:27
Last Modified: 23 Nov 2021 01:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16608

Actions (login required)

View Item View Item