Analisis Persepsi Pelaku UMKM Kecamatan Lembeyan Magetan Terhadap Minat Transaksi di Lembaga Keuangan Syariah

Rahmawati, Siti Sari (2021) Analisis Persepsi Pelaku UMKM Kecamatan Lembeyan Magetan Terhadap Minat Transaksi di Lembaga Keuangan Syariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI SARI UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rahmawati, Siti Sari. Analisis Persepsi Pelaku UMKM Kecamatan Lembeyan Magetan Terhadap Minat Transaksi di Lemabga Keuangan Syariah. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ridho Rokamah, S.Ag., M.S.I.
Kata Kunci: Persepsi, UMKM, Minat, Lembaga Keuangan Syariah.
Penelitian ini membahas tentang persepsi Pelaku UMKM Kecamatan Lemebeyan Magetan terhadap minat trasaksi di Lembaga Keuangan Syariah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana analisis persepsi Pelaku UMKM Kecamatan Lembeyan Magetan terhadap Lembaga Keuangan Syariah dan bagaimana analisis dampak persepsi UMKM Kecamatan Lemebeyan Magetan terhadap minat transaksi di Lembaga Keuangan Syariah.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi UMKM Kecamatan Lembeyan Magetan terhadap Lembaga Keuangan Syariah dan menganalisis dampak persesi UMKM Kecamatan Lembeyan Magetan terhadap minat transaksi di Lembaga Keuangan Syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode pengambilan data melalui wawancara, dan dokumentasi.
Hasil Penelitian mengatakan bahwa: 1) Persepsi Pelaku UMKM Kecamatan Lembeyan terhadap Lembaga Keuangan Syariah sangat berbeda-beda. Sebenarnya banyak dari Pelaku UMKM Kecamatan Lembeyan yang memiliki persepsi positif terhadap Lembaga Keuangan Syariah namun persepsi mereka masih dalam tahap pengertian dan pemahaman yang kurang. Kebanyakan dari mereka mengetahui prinsip dasar dari Lembaga Keuangan Syariah yaitu lembaga keuangan yang menggunakan sistem bagi hasil namun hanya secara umum tidak memahami secara detail tentang Lembaga Keuangan Syariah. Bagaimana bagi hasil yang ada di Lembaga Keuangan Syariah, apa saja produk-produk Lembaga Keuangan Syariah, apa perbedaanya dengan Lembaga Keuangan Konvensional, bahkan ada yang belum mengetahui apa itu bagi hasil yang ada di Lembaga Keuangan Syariah. 2) Dampak persepsi terhadap minat Pelaku UMKM untuk bertransaksi di bank syariah adalah Karena persepsi UMKM Kecamatan Lembeyan masih dalam tahap pemahaman yang kurang terhadap Lembaga Keuangan Syariah sehingga berdampak kurang baik terhadap minat mereka untuk bertransaksi di Lembaga Keuangan Syariah, meskipun banyak dari mereka yang memiliki persepsi positif terhadap Lembaga Keuangan Syariah. Namun minat Pelaku UMKM Kecamatan Lembeyan terhadap transaksi di Lembaga Keuangan Syariah masih sangat rendah. Kebanyakan Pelaku UMKM Kecamatan Lembeyan saat ini lebih berminat untuk melakukan transaksi di Lembaga Keuangan Konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 01:24
Last Modified: 23 Nov 2021 01:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16603

Actions (login required)

View Item View Item