Analisis Sistem Penentuan Upah Karyawan Dalam Pandangan Ekonomi Islam (Pada Agro Wisata Magetan Green Garden Desa Truneng Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan)

Mufidah, Lutfi (2021) Analisis Sistem Penentuan Upah Karyawan Dalam Pandangan Ekonomi Islam (Pada Agro Wisata Magetan Green Garden Desa Truneng Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717033_LUTFI MUFIDAH_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (631kB) | Preview

Abstract

Mufidah, Lutfi. 2021. Sistem Penentuan Upah Karyawan dalam Pandangan Ekonomi Islam (Pada Agro Wisata Magetan Green Garden Desa Truneng Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan). Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Mansur Azis, Lc., M.S.I.
Kata Kunci: Upah, Ekonomi Islam, Dampak.
Saat ini, banyak sekali praktek pengupahan yang diterapkan oleh pengusaha terhadap karyawan membuat protes para karyawan atas ketidakpuasan pekerja karena balas jasa dari pengusaha. Tetapi, ada juga karyawan yang menerima upah karena dorongan akan kebutuhan hidup yang mendesak. Adapun permasalahan yang timbul yaitu bagaimana sistem penentuan upah karyawan Agro Wisata Magetan Green Garden? Bagaimana pandangan Ekonomi Islam terhadap sistem penentuan upah karyawan Agro Wisata Magetan Green Garden? Dan bagaimana dampak upah karyawan Agro Wisata Magetan Green Garden?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendektandeskriptif jenis penelitian ini, dikategorikan penelitian lapangan (field reseach), pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, sumber data penelitian ini adalah pemilik modal dan para karyawan. Analisis data kualitatif terdiri dari tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian (display) data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian ini bahwa sistem pengupahan karyawan Agro Wisata Magetan Green Garden yaitu upah mingguan dan bulanan dimana upah mingguan karyawan akan mendapatkan upah setiap dua minggu sekali. Hasil menunjukkan, praktik sistem pengupahan yang diterapkan di Agro Wisata Magetan Green Garden belum sesuai dengan Ekonomi Islam. Hal ini dilihat dari sistem pemberian upah belum memenuhi konsep layak dan sejahtera. Dan upah yang diberikan belum sesuai dengan standar Upah Minimum Kabupaten/Kota Magetan yakni Rp. 1.913.321,-. Sehingga implikasi upah terhadap tingkat kesejahteraan karyawan dapat dikatakan belum sejahtera dan layak. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan mereka harus memiliki pendapatan lain selain bekerja sebagai karyawan di Agro Wisata Magetan Green Garden.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansur Azis
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 01:32
Last Modified: 23 Nov 2021 01:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16601

Actions (login required)

View Item View Item