Upaya Guru Dalam Meningkatkan Perilaku Keagamaan Santri Melalui Metode Keteladanan (Studi Kasus Di TPA Al Ikhlas Di Desa Bringin Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo)

Nurpitasari, Erna (2021) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Perilaku Keagamaan Santri Melalui Metode Keteladanan (Studi Kasus Di TPA Al Ikhlas Di Desa Bringin Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317372_Erna Nurpitasari_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nurpitasari, Erna. 2021. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Perilaku Keagamaan Santri Melalui Metode Keteladanan (Studi Kasus Di TPA Al Ikhlas Di Desa Bringin Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo). Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Ponorogo. Pembimbing Muhammad Heriyudanta, M.Pd.I.

Kata Kunci: Upaya Guru, Perilaku Keagamaan, Metode Keteladanan

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya kesadaran santri TPA Al Ikhlas Desa Bringin akan perilaku keagamaannya. Disebabkan karena kurangnya perhatian orangtua terhadap perilaku keagamaan santri, lingkungan sosial yag kurang mendukung, dan sosial media. Banyaknya santri yang berperilaku kurang baik, berbicara kurang baik dihadapan guru dan sesama temannya, melaksanakan shalat berjamaah tidak rutin dan malas membaca Al Qur’an. Maka adanya gejala-gejala tersebut guru TPA Al Ikhlas memiliki kesadaran dan ingin berupaya meningkatkan perilaku keagamaan santri melalui metode keteladanan.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan pengetahuan keagamaan, sikap santri, dan keterampilan beribadah santri melalui metode keteladanan di TPA Al Ikhlas. (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan perilaku keagamaan santri di TPA Al Ikhlas. (3) Untuk mengetahui implikasi metode keteladanan bagi peningkatan perilaku keagamaan santri di TPA Al Ikhlas.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini adalah (1) Upaya guru dalam meningkatkan pengetahuan keagamaan, sikap santri, dan keterampilan beribadah melalui metode keteladanan di TPA Al Ikhlas antara lain memberikan teladan yang baik dalam bersikap dan bertutur kata dengan guru, orangtua, sesame teman, orang-orang disekitar santri, memberikan bimbingan dalam membaca Al Qur’an atau iqro’, membiasakan dan mengajak santri untuk melaksanakan shalat berjamaah. (2) Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan perilaku keagamaan santri di TPA Al Ikhlas yaitu pengaruh lingkungan yang kurang mendukung, kurang adanya kerjasama antara guru dan orangtua, santri malas dalam membaca Al Qur’an, dan banyaknya santri yang berperilaku kurang baik. (3) Implikasi metode keteladanan bagi peningkatan perilaku keagamaan santri TPA Al Ikhlas yaitu santri sedikit demi sedikit sudah menunjukkan perubahan dalam berperilaku seperti santri sudah membiasakan berbicara dan bersikap sopan, santri rajin menyetorkan bacaan Al Qur’an, dan santri mulai terbiasa melaksanakan shalat berjamaah di masjid serta santri semangat mengajak teman-temannya untuk shalat berjamaah di masjid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 02:25
Last Modified: 23 Nov 2021 02:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16600

Actions (login required)

View Item View Item