..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN SERTA TAMBAHKAN STEMPEL, LEMBAR PERSERTUJUAN PUBLIKASI BLM DITANDA TANGANI, HASIL CEK PLAGIASI TIDAK PERLU DILAMPIRKAN, LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Pengaruh Pemebelajaran Dalam Jaringan (Daring) Terhadap Motivasi Belajar dan Keaktifan Siswa MA Muhammdiyah 1 Ponorogo

Karlia, Rita (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN SERTA TAMBAHKAN STEMPEL, LEMBAR PERSERTUJUAN PUBLIKASI BLM DITANDA TANGANI, HASIL CEK PLAGIASI TIDAK PERLU DILAMPIRKAN, LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Pengaruh Pemebelajaran Dalam Jaringan (Daring) Terhadap Motivasi Belajar dan Keaktifan Siswa MA Muhammdiyah 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317359 RITA KARLIA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (779kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Karlia, Rita. 2021 Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar dan Keaktifan Siswa MA Muhammdiyah 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
PembimbingSyaiful Arif. M.Pd

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar, Keaktifan Siswa.

Sistem pendidikan di Indonesia sedang mengalami tantangan baru yang disebabkan karena adanya wabah virus (Covid-19) Corona Virus Deases, yang menyebabkan seluruh sistem pembelajaran di lembaga pendidikan dialihkan kepada metode pembelajaran Online atau dalam jaringan (Daring). Adanya gangguan dalam proses pembelajaran memyebabkan terjadinya beberapa perubahan terhadap peserta didik yang pada akhirnya berpegaruh terhadap motivasi belajar dan keaktifan siswa, karena dengan terpengauhnya pembelajaran daring terhadap motivasi belajar dan keaktifan siswa akan menganggu konsentrasi belajar siswa dan nilai peserta didik.

Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1). Adakah pengaruh yang signifikan pembelajaran dalam jaringan (daring) terhadap motivasi belajar di MA Muhammdiyah 1 Ponorogo. (2). Adakah pengaruh yang signifikan pembelajaran dalam jaringan (daring) terhadap keaktifan siswa MA Muhammadiyah 1 Ponorogo. (3). Adakah pengaruh yang signifikan pembelajaran daring terhadap motivasi belajar dan keaktifan siswa MA Muhammdiyah 1 Ponorogo.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis Uji Normalitas, Uji Linier Sederhana, Uji Regresi Sederhana.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1). Pembelajaran daring berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar di MA Muhammdiyah 1 Ponorogo. Hal tersebut didukung oleh nilai t hitung33,977> t tabel= 2,634 dan nilai koefisien 1 = 1,379 yang bernilai positif. (2). Pembelajaran daring berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan siswa MA Muhammdiyah 1 Ponorogo dengan nilai thitung 6,155 > t table 2,634 dan nilai koefisien 1 = 1,379 yang bernilai positif. (3). Pembelajaran daring berpangaruh yang signifikan terhadap motvasi belajar dan keaktifan siswa MA Muhammdiyah Ponorogo, dengan diketahui bahwa nilai t hitung 33,977> t tabel= 2,634 dan nilai sig. 0,000 < 0,05 (pembelajaran daring terhadap motivasi belajar) dan nilai t hitung 6,155 > t table 2,634 dan nilai sig. 0,000 < 0,05 (pembelajaran daring terhadap keaktifan siswa) yang menyebabkan H0 ditolak dan menerima Ha,

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: SYAIFUL ARIF
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2021 02:24
Last Modified: 23 Nov 2021 02:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16599

Actions (login required)

View Item View Item